Pelatihan Fitur Project Dengan Sofware Accurate Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Rangka Peningkatan Produktifitas Dan Keterampilan Mahasiswa Dalam Dunia Kerja

Authors

  • Ramli Lewenussa Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Retno Dewi Wijiastuti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rais Dera Pua Rawi Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.519

Keywords:

Fitur Project, Sofware Accurate, Produktifitas Dan Keterampilan

Abstract

Daya saing yang kompetitip dalam penguasaaan soffskill dengan pemanfaatan informasi salah satu tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung; Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam di universitas muhammadiyah sorong dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan untu menguasai software Accurate sebagai bekal dalam dunia kerja Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilaksanakan 1 hari diseusaikan dengan Modul dan kegiatan di kampus. Mahasiswa sebagai calon intelektual seharusnya bersikap sebagai seorang calon intelektual yang harus terus melatih hard skill dan soft skillnya untuk menunjang kehidapan yang lebih baik dengan terus belajar untuk mengembangkan  intelligence quotient (IQ), emotional quotient (EQ) dan spiritualquotient (SQ)nya. Dengan istilah life long education (pendidikan seumur hidup) tidak selayaknya lagi ada mahasiswa yang hanya ingin memperoleh gelar dan izajah saja. Gelar dan ijazah seharusnya hanya sebagai penghargaan/pengakuan atas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keahliannya.seharusnya memiliki tujuan yang sama yaitu menjadi mahasiswa yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. Urgensi dari pelaksanaan pengabdian ini, karena belum pernah diadakan pelatihan software accurate akuntansi sebelumnya dan permintaan dunia kerja terhadap permintaan tenaga kerja yang siap pakai. Modul software accurate yang menjadi obyek pelatihan pengabdian adalah Fitur Proyek,dengan harapan bahwa peserta pelatihan dapat menguasai program tersebut dengan baik dan dapat diterapkan. Dari hasil pelatihan diperoleh bahwa bahwa pelatihan menambah wawasan dan dan solusi terhadap pemanfaatan program aplikasi software dalam membantu menyelesaikan masalah masalah pencatan dan pembukuan akuntansi dengan melihat banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam pelatihan dan melihat hasil output yang dibuat dari para peserta berupa pelaporan proyeknya, hasil pelatihan bahwa pelatihan harus diberikan secara terus menerus dalam kurikulum sehingga lulusan Universitas  Muhammadiyah Sorong dapat bersaing dalam dunia bisnis.

 

References

Arikunto, S & Cepi (2015). Evaluasi Pelatihan.Jakarta; Bumi Aksara

CPSSoft. (2015). User Manual Accurate versi 5. Retrieved Mei 15, 2016, from User Manual Accurate versi 5: BxBKmsKFgA3YVkNKZ1l6 V21ZaTA / preview

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Depdiknas. 2008.Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kerja Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemat(2007) Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta Bumi Akasara.

Hsibuan, M, (2007) Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta ; PT.Bumi Aksara

Mahmudi, Ali. 2012. Manual Book Accurate Version 4. CPSSOFT:Jakarta

Margaretha Mona Yanti Sipahutas. 2008. Belajar Sendiri ACCURATE Ver 3. Penerbit www Bisnis 20302.Com Borchers, A. And Hoffner, V. (1996). It Outsourcing. Journal Of Applied Management. 2(2).

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif., Jogjakarta: Diva Press.

Pearson Merrill Prentice Hall Sri Kantun, 2015, Komputer Akuntansi Dengan Program AplkasiAccurate Accounting V.5, Jember Penerbit Universitas Jember,

Rudianto. (2006). Akuntansi Manajemen : Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Wena, made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta, Bumi Aksara

Downloads

Published

2019-07-13

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)