Pelatihan Fitur Project Dengan Sofware Accurate Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Rangka Peningkatan Produktifitas Dan Keterampilan Mahasiswa Dalam Dunia Kerja
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.519Keywords:
Fitur Project, Sofware Accurate, Produktifitas Dan KeterampilanAbstract
Daya saing yang kompetitip dalam penguasaaan soffskill dengan pemanfaatan informasi salah satu tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung; Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam di universitas muhammadiyah sorong dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan untu menguasai software Accurate sebagai bekal dalam dunia kerja Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilaksanakan 1 hari diseusaikan dengan Modul dan kegiatan di kampus. Mahasiswa sebagai calon intelektual seharusnya bersikap sebagai seorang calon intelektual yang harus terus melatih hard skill dan soft skillnya untuk menunjang kehidapan yang lebih baik dengan terus belajar untuk mengembangkan intelligence quotient (IQ), emotional quotient (EQ) dan spiritualquotient (SQ)nya. Dengan istilah life long education (pendidikan seumur hidup) tidak selayaknya lagi ada mahasiswa yang hanya ingin memperoleh gelar dan izajah saja. Gelar dan ijazah seharusnya hanya sebagai penghargaan/pengakuan atas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keahliannya.seharusnya memiliki tujuan yang sama yaitu menjadi mahasiswa yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. Urgensi dari pelaksanaan pengabdian ini, karena belum pernah diadakan pelatihan software accurate akuntansi sebelumnya dan permintaan dunia kerja terhadap permintaan tenaga kerja yang siap pakai. Modul software accurate yang menjadi obyek pelatihan pengabdian adalah Fitur Proyek,dengan harapan bahwa peserta pelatihan dapat menguasai program tersebut dengan baik dan dapat diterapkan. Dari hasil pelatihan diperoleh bahwa bahwa pelatihan menambah wawasan dan dan solusi terhadap pemanfaatan program aplikasi software dalam membantu menyelesaikan masalah masalah pencatan dan pembukuan akuntansi dengan melihat banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam pelatihan dan melihat hasil output yang dibuat dari para peserta berupa pelaporan proyeknya, hasil pelatihan bahwa pelatihan harus diberikan secara terus menerus dalam kurikulum sehingga lulusan Universitas Muhammadiyah Sorong dapat bersaing dalam dunia bisnis.
Â
References
Arikunto, S & Cepi (2015). Evaluasi Pelatihan.Jakarta; Bumi Aksara
CPSSoft. (2015). User Manual Accurate versi 5. Retrieved Mei 15, 2016, from User Manual Accurate versi 5: BxBKmsKFgA3YVkNKZ1l6 V21ZaTA / preview
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Depdiknas. 2008.Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kerja Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Hamalik, Oemat(2007) Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta Bumi Akasara.
Hsibuan, M, (2007) Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta ; PT.Bumi Aksara
Mahmudi, Ali. 2012. Manual Book Accurate Version 4. CPSSOFT:Jakarta
Margaretha Mona Yanti Sipahutas. 2008. Belajar Sendiri ACCURATE Ver 3. Penerbit www Bisnis 20302.Com Borchers, A. And Hoffner, V. (1996). It Outsourcing. Journal Of Applied Management. 2(2).
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif., Jogjakarta: Diva Press.
Pearson Merrill Prentice Hall Sri Kantun, 2015, Komputer Akuntansi Dengan Program AplkasiAccurate Accounting V.5, Jember Penerbit Universitas Jember,
Rudianto. (2006). Akuntansi Manajemen : Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Jakarta: Grasindo.
Wena, made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta, Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License