Pengelolaan Keuangan Keluarga Sebagai Ketahanan Ekonomi Keluarga Di Sapordanco Distrik Waisai – Raja Ampat Barat

Authors

  • Evi Mufrihah Zain Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Febry Jein Andjar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Lewenussa Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Jondeway Andi Hasan Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i2.1852

Keywords:

Management; Finance; Family

Abstract

Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk mendukung program pemerintah melalui ketahanan     ekonomi keluarga dalam perencanaan keuangan keluarga. Adapun sasaran pada pengabdian masyarakat ini adalah warga di Kelurahan Sapordanco distrik Waisai , Kabupaten Raja Ampat Papua Barat. Program pengabdian ini dilaksanakan selama kurun waktu 3 Hari, Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan juga pendampingan tentang pengelolaan keuangan keluarga. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa warga sangat antusias mengikuti pelatihan pengelolaan keuangan. Lebih lanjut, dengan dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini, masyarakat khususnya ibu rumah tangga memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan rumah tangga. Selain itu, kegiatan ini juga mampu memberikan dukungan agar ibu rumah tangga terhindar dari rentenir. Untuk kegiatan pengabdian selanjutnya diharapkan mampu memberikan pelatihan yang berkelanjutan yang memicu semangat ibu rumah tangga untuk menghasilkan pendapatan sendiri demi meningkatkan kesejahteraan kehidupan dan ketahanan ekonomi keluarganya.

 

References

Badrunsyah, B., & Cahyono, S. (2019). Penyuluhan Tentang Manajemen Keuangan Keluarga Di RW 06 Kelurahan Cipayung Jakarta Timur. Jurnal Pelayanan Dan …, 3(1), 1–9.

Bintari, W. C., Rawi, R. D. P., & Harisa, S. (2019). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Secara Sederhana Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 1(2), 6–13. https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.520

Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil, https://p2k.utn.ac.id/_a.php?_a=desa-kecamatan-kota&tanda=kota&prov=Papua%20Barat&provkot=Kab.+Raja%20Ampat&desa=Sapordanco&kec1=Kota%20Waisai.

Friedman, M. (2010). Buku Ajar Keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan Praktek (EGC (ed.); 5th ed.).

Rushadiyati, Nurminingsih, Rosa, T., Asim, & Ahmadun. (2017). Penyuluhan Tentang Manajemen Keuangan Keluarga, Di RW 06 Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 49–59.

Arief.S.Sadiman.dkk. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada.

Bank.Indonesia. (2013). Modifikasi Peraturan Bank Indonesia Manajemen Good. Jakarta: Bank Indonesia.

Ife.jim. (1995). Community Development :Createng Community Alternatives,Vision,Analys and Practice. Australia: Longman.

Downloads

Published

2022-07-21

Issue

Section

Articles