Kanal Televisi Pada Media Sosial untuk Promosi di Kampoeng Wisata Titik Nol Jateng

Authors

  • Purwanto Lephen Institut Seni Indonesia Yogyakarta http://orcid.org/0000-0001-5876-8205
  • Risang Panji Kumoro Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  • Putri Sima Prajahita Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i1.1485

Keywords:

Pelatihan, Televisi, Media Sosial, Promosi, Desa Wisata

Abstract

Desa Wisata “Kampoeng Wisata Titik Nol Jateng†berada di perbatasan Jateng dan DIY. Sebagaian besar warga di Desa Bligo, Nguwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memiliki smartphone dengan spesifikai yang canggih dan dapat memutar serta membuat multi media. Ada 20 anak dan remaja yang berminat menggunakan smatphone membuat konten berita dan reportase kegiatan di Kampoeng Wisata Titik Nol Jateng. Kunjungan pewisata ke destinasi tersebut kemudian dilfoto, divideo, diiput dan diunggah ke media sosial. Guna memberdayakan potensi para yutuber muda di Kampoeng Wisata Titik Nol Jateng, diselenggarakan pelatihan mengambil gambar, penyuntingan, reporter, dan membuat kanal berita Titik Nol TV. Jumlah peserta yang terampil bermedia sosial dan memuat di kanal Titik Nol TV di Blaburan semakin meningkat secara kualitas dan kuantitas. Namun, perlu ditingkatkan dengan memasang hotspot yang lebih baik dan peralatan produksi yang lebih berkualitas agar potensi yutuber di daerah tersebut semakin bermanfaat bagi pengembangan desa wisata berkelanjutan,  mensejarahterakan  warga setempat.

Author Biography

Purwanto Lephen, Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Tourism  on studies atraction an management with development economic and social culture

References

Arfian, A., Yoerani, A., Yana, A. A., Siregar, J., & Syafrianto. (2021). Pelatihan Desain Produk Pemsaran Digital pada Pemuda Karangtaruna Desa Cikarageman Selama Covid-19. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 31–34. http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix

Budiman, Arif, E., & Roem, E. R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Ranah Komunikasi, 3(1), 34–44. http://ranahkomunikasi.fisip.unand.ac.id/index.php/rk/article/view/15

Handayani, E. S., & Junaidi, A. (2018). Pemberitaan Kampanye Pemilihan Presiden 2019 di Media Siber dan Penerapan Elemen Jurnalisme. Koneksi, 2(2), 321–328.

Kusumaningrum, S., & Dwitantyanov, A. (2019). Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Sing A Song dan Games Bagi Guru SD/MI Muhammadiyah di Wilayah KAbupaten Sorong. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 2(2), 12–17.

Lephen, P., Raharja, B., & Hilmi, N. (20121). Pengembangan Potensi Atraksi Wisata Seni Suara dan Musik di Kampoeng Wisata Titik Nol. Pengabdian Seni, 2(2), 141–153. https://journal.isi.ac.id/index.php/JPS/article/view/5550/2320.

Munzir, M. (2020). Pelatihan Akuntansi dan Manajemen Dalam Rangka Pengelolaan Bumdes Di Desa Tanjong, Kabupaten Luwu. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 3(2), 21–25. https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/628

Palupi, M. T. (2020). Kesantunan Pelanggaran Prinsip Pembaca Komentar Tokoh Berita Daring Media Sosial Pragmatik Perspektif. Jurnal Lentera Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran BahasaIndonesia, 3(1, Februari), 214–222. https://garuda.ristekbrin.go.id/journal/view/13983#!

Purwanto, L., & Djanianton, D. (2013). Strategi Pemasaran Atraksi Wisata Teater Calonarang Tetekan Di Tabanan Bali. Jurnal Nasional Pariwisata, 5(3), 154–167. https://doi.org/10.22146/jnp.6689

Rakhmawati, F. Y. (2013). Mcdonaldisasi Dalam Program Televisi. An-Nida Jurnal Komunikasi Islam, 5(2), 1–14.

Downloads

Published

2022-01-22

Issue

Section

Articles