Peningkatan Produktivitas Ramuan Herbal Di Kelurahan Gadel Kecamatan Tandes Kota Surabaya Dengan Penerapan Manajemen Produksi Administrasi Dan Pemasaran

Authors

  • Erwan Arist Yanto Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Yuli Ermawati Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Aditya Surya Nanda Universitas Wijaya Putra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i2.1133

Keywords:

Imunitas, Ramuan Herbal, Sinom, UMKM

Abstract

Ditengah merebaknya Covid – 19 atau virus Corona berbagai produk herbal laris manis di pasaran tak terkecuali produk UMKM  minuman ramuan herbal tradisional ikut terdongkrak. Momentum ini harus di manfaat sebaik mungkin oleh pelaku usaha. Mitra kami adalah Ibu Sunarti yang lebih dikenal dengan panggilan Bu Yanto, berdomisili di Kelurahan Gadel, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. Beliau menitipkan ramuan herbalnya di toko – toko kelontong   sekitar yang memiliki lemari pendingin. Karena keterbatasan ramuan herbal yang hanya menjual produk sinom, keterbatasan administrasi pembukuan, keterbatasan IPTEK dan permodalan membuat ibu Sunarti tidak berani memperluas pasar. Padahal semangat dan potensi produk ramuan herbal sangat menjanjikan. Solusi yang di berikan yang pertama yaitu dengan melakukan uji coba penambahan varian produk. Kedua, memberikan pendampingan dan pelatihan manajemen keuangan dan usaha, Ketiga, memberikan pendampingan dan pelatihan manajemen pemasaran, baik secara offline ( pelabelan, brosur, kartu nama dan konsinyasi ) maupun online ( sosial media, marketplace ) untuk meningkatkan jangkauan pasar. Metode yang di gunakan adalah pendampingan personal terhadap mitra. Rencana yang akan dilakukan oleh tim adalah dengan memberikan pelatihan untuk manajemen usaha mereka ( mulai dari proses pengelolaan produksi, pembukuan sederhana,  pemasaran efektif dan inspirasi pengusaha sukses ) dengan mendatangkan para pakar yang kompeten untuk mendongkrak usaha mereka. Setelah itu tim akan mengawal mitra untuk membuat label yang modern dan menarik dengan merek yang mereka ciptakan. Kemudian mendampingi mitra dalam memasarkan produk secara offline dan online agar jangkauan pasar lebih luas. Dengan begitu diharapkan pendapatan dan kesejahteraan mitra akan meningkat.

 

 

 

References

Aniswatul,Nurul.2012.Pengolahan Sari Kedelai Sebagai Dukungan Akselerasi Peningkatan Gizi Masyarakat.Seminar Nasional Kedaulatan Pangan dan energy.Universitas Trunojoyo

Danang Sunyoto, 2014, Sistem Informasi Manajemen, CAPS, Yogyakarta

Ediraras Dharma.2010.Akuntansi dan Kinerja UKM.Jurnal Ekonomi dan Bisnis.No 2.Volume 15.hal 152. Universitas Gunadarma

Eva, Dwi dan Hartini.2013.Pengaruh Jenis Kedelai dan Jumlah Air Terhadap Sifat Fisik, Organoleptik, dan Kimia Susu Kedelai. Jurnal Teknologi Industri dan Hasil Pertanian. No 02.Vol 18.Polinela

Firmansyah, 2001. Dinamika Usaha Kecil dan Menengah. LIPI. Jakarta.

Hall, James. 2009. Sistem Informasi Akuntansi Edisi 4. Salemba Empat. Jakarta.

Husaini Usman, 2006, Manajemen, Bumi Aksara, Yoyakarta

Madura, Jeff.2007. Introduction to Bussines. Pengantar Bisnis.Salemba Empat Edisi 4. Jakarta

Mulyadi. 1986. Akuntansi Biaya edisi 3. BPFE Yogyakarta

Sulistyo.2010.Pengembangan Usaha Kecil Menengah dengan Basis Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Malang.No 01.Vol 06.Jurnal Ekonomi Modernisasi.Universitas Kanjuruhan Malang

Yuliati,Erna dkk.2017.IbM Kampung Tempe Tenggilis.Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya.No 03.Vol 02.Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Downloads

Additional Files

Published

2021-02-12

Issue

Section

Articles