Seminar Greenschool: Sekolah Peduli Lingkungan Hijau untuk Siswa SMA/SMK dan SMP

Authors

  • Muhaiminah Akib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irnawati Irnawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.524

Keywords:

greenschool, sekolah, lingkungan hidup

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk seminar dengan tema “Greenschool: Sekolah Peduli Lingkungan Hijau Untuk Siswa SMA/SMA dan SMP di Kelurahan Malagusa Distrik Aimas Kabupaten Sorong†di aula SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong bertujuan agar  memberikan pengetahuan kepada siswa SMA/SMK dan SMP tentang perlunya kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan yang dapat mereka mulai dari lingkungan sekolah. Dengan demikian, siswa dapat memberikan kontribusi dalam terbentuknya sekolah hijau (greenschool) di sekolah mereka masing-masing. Metode yang digunakan untuk mendukung keberhasilan program adalah (a) Ceramah dan Tanya Jawab. Metode ini dipilih untuk membangkitkan motivasi siswa untuk menjaga lingkungan yang dimulai dari lingkungan sekolah dan mejelaskan materi yang bersifat teoritik terkait dengan peraturan pemerintah tentang sekolah Adiwiyata dan langkah-langkah pengelolaan sampah yang benar. (b) Demontrasi. Metode ini dipilih untuk menjelaskan bagaimana pengeloaan sampah yang benar dan perbedaan antara sampah yang dapat didaur ulang dan tidak dapat didaur ulang lagi. Selain itu, penggunaan tempat minum yang tepat untuk menghindari banyaknya sampah yang dihasilkan dari tempat minuman kemasan sekali pakai. Adapun hasil yang dapat dicapai setelah pelaksanaan PKM ini adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan PKM ini berlangsung baik dan lancar serta mendapat apresiasi yang tinggi dari pemerintah daerah. (2) Kegiatan PKM dalam bentuk seminar ini mampu meningkatkan motivasi dan kesadaran siswa dalam menjaga lingkungan sekolah sehingga terwujud sekolah peduli lingkungan (greenschool). (3) Kegiatan PKM yang diselenggarakan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa tentang greenschool.

References

Akib, M., & Ohorella, H. M. (2019). Investigating Students’ Ability to Use Gerund and Present Participle at English Education Department of Sorong Muhammadiyah University. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(1), 45-55.

Binedikta, S. L. (2015, October). Pelaksanaan manajemen sekolah berbasis lingkungan di SD Cahaya Nur Kudus. In SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II.

Irnawati, I. (2019). Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelestarian Hutan Cagar Alam Di Kampung Saporkren Distrik Waigeo Selatan Kabupaten Raja Ampat. Median: Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 10(1), 28-38.

Kementrian Negara Lingkungan Hidup. (2009). Panduan Adiwiyata: Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, (Kementrian Negara Lingkungan Hidup.).

Maulidiyah, I. (2014). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Sekolah Berwawasan Lingkungan di SMA 3 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep (Doctoral dissertation, Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pacasarjana UIN Malang).

Mustafa. (2003). Sekolah dalam Himpitan Google dan Bimbel. Yogyakarta:LKIS.

Paryadi, Sugeng. (2008). Konsep pengelolaan Lingkungan Sekolah (Green School).

Hidayati, N. (2013). Perilaku Warga Sekolah dalam Mengimplementasikan Program Adiwiyata (Studi di SMK Negeri 2 Semarang) (Doctoral dissertation, Program Magister Ilmu Lingkungan).

Downloads

Published

2019-07-13

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)