Pendampingan Belajar Anak Usia Sekolah di Kelurahan Makbusun

Nika Fetria Trisnawati(1), Sundari Sundari(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Sorong
(2) Universitas Muhammadiyah Sorong

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Abdimas: Papua Journal of Community Service

DOI : https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i1.368

Full Text:    Language : en
Submitted : 2019-01-23
Published : 2019-02-01

Abstract


Kegiatan pengabdian dilatar belakangi pemikiran bahwa perlunya diberikan pendampingan belajar matematika diluar jam sekolah kepada anak-anak yang bertempat tinggal di  Kelurahan Makbusun, sebagian besar mereka mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika dan di Wilayah tersebut Lembaga yang menyediakan jasa Les berlokasi jauh serta biaya yang sulit untuk dijangkau Masyarakat sekitar, sehingga anak-anak hanya bisa mengikuti pembelajaran di Sekolah dan tidak memiliki sarana lain untuk bertanya dan memahami Matematika lebih lanjut. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu Memberikan pendampingan belajar Matematika kepada anak-anak. Dengan harapan anak-anak dapat lebih memahami dan mencintai matematika serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk bimbingan belajar matematika yang dilaksanakan dua kali dalam satu pekan selama empat bulan kepada 16 anak yang terdiri dari siswa tingkat SD sebanyak 9 anak dan SMP sebanyak 7 anak. Berdasarkan  pengamatan  selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung, diperoleh beberapa hasil yang positif, diantaranya adalah: 1). Semangat dan perhatian para peserta yang sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan dan juga semangat orang tua yang menginginkan kemajuan untuk anaknya. 2). Terdapat perubahan pemahaman dan pola pikir anak-anak yang tadinya merasa enggan dan takut belajar matematika menjadi senang belajar matematika. 3). Hasil belajar matematika siswa disekolah saat Ulangan Semester menjadi meningkat. Disisi lain, semangat belajar matematika anak-anak usia sekolah di Kelurahan Makbusun Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong menjadi meningkat dan hasil belajar matematika di sekolah meningkat.


Keywords


Pendampingan; Belajar; Matematika; Sekolah

References


Muhsetyo,G, dkk. (2009). Pembelajaran MatematikaSD. Universitas Terbuka, Jakarta

Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Univer- sitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Trisnawati, Nika Fetria. (2019). Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan saintifik poada pembelajaran matematika pada siswa SMP Negeri 2 Kota Sorong. Median. 9(3): 36-42.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru danDosen. Jakarta: Setjen Depdiknas.

Wiyanti, Dian Tri & Putri, Tri Utami Kusuma. (2019). Kelas Inspirasi Membangun Mimpi Siswa Sekolah Dasar melaui pengenalan karakter dan profesi. Abdimas Unnes. 23(1): 64-67


Article Metrics

 Abstract Views : 114 times
 PDF Downloaded : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.