Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membangun Pendidikan Anak Di Sekolah Dasar Negeri 5 Pulau Raam
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.1399Keywords:
Guru, Orang Tua, SiswaAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk membangun semangat siswa-siswi dalam belajar. Tempat kegiatan pengabdian masyarakat di Sekolah SD Negeri 5 pulau Raam yang merupakan salah satu kelurahan distrik sorong kepulauan, Pulau Raam, Kota Sorong, Papua Barat. Kondisi pada masa pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir membuat peran orang tua sangat dibutuhkan. kerjasama antara guru dan orang tua sangat diperlukan untuk tercapainya tujuan pendidikan Kemudian kebijakan pemerintah daerah yang membatasi jadwal kegiatan proses belajar mengajar yang membuat guru di sekolah SD Negeri 5 Pulau Raam hanya bisa masuk 3 kali dalam seminggu. Metode yang digunakan dalam melaksnakan kegiatan pengabdian ini yaitu sosialisasi dan diskusi bersama guru dan orang tua. Peserta dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu orang tua atau wali murid siswa-siswi dan Guru SD Negeri 5 Pulau Raam. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Pengabdian ini sebanyak 15 orang dan 35 orangnya yaitu orang tua atau wali murid SD Negeri 5 pulau Raam. Total peserta sosialisasi yakni berjumlah 50 orang. Kegiatan sosialisai seperti ini sangat diperlukan orang tua agar membuka wawasan orang tua bahwa pembelajaran bukan hanya terjadi disekolah tetapi di rumah juga proses belajar dapat terjadi. Kerjasama antara guru dan orang tua akan tercapai tujuan pendidikan berdasarkan Undang-Undang Dasar.
.
References
Alawiyah, F. (2015). Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013: Vol. VI (Issue 15).
Farkhana, N. (2010). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Sekolah Menengah Pertama DI Kecamatan Demak. In universitas Diponegoro Semarang.
Firdaus, F. (2020). Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan, 2.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79.
Hasrian Rudi Setiawan, M. P. ., & Lidia, S. P. . (2016). Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak.
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2.
Kemendikbud. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. 1–33.
Rangkuti, A. F., & Anggaraeni, F. D. (2005). Hubungan Persepsi Tentang Kompetensi Profesional Guru Matematika Dengan Motivasi. Psikologia, I(2), 76–85.
Reskia, S., Herlina, & Zulnuraini. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SDN Inpres 1 Birobulu. Elementary School of Education E-Journal, 2, 82–93.
Setyowati, N., Susilo, B. E., & Maskuran. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24–30.
Sujarwo. (2010). Peranan Guru Dalam Pemberdayaan Siswa.
Supartini, E. (2003). Peran Guru Dalam Pembaharuan Pendidikan.
Sutama, Narimo, S., & Haryoto. (2012). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Pascabencana Merapi. Jurnal Kependidikan, 42(Mei), 7–17.
Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Vol. 16, pp. 57–58).
Ustatik. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Perkalian Dan Pembagian Dengan Model Kooperatif Tipe Tps (Siswa Kelas V SD N Biting 02 Arjasa) (Vol. 5, Issue November).
Wangi, S. R., Winarti, E. R., & Kharis, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran CTL dengan Strategi React untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kedisiplinan Siswa Pada Materi Geometri. Unnes Journal of Mathematics Education, 5, 1–7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License