Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membangun Pendidikan Anak Di Sekolah Dasar Negeri 5 Pulau Raam

Authors

  • Hidayani Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Supriadi Supriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irna Rusani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Marlinda Indah Eka Budiarti Univeristas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.1399

Keywords:

Guru, Orang Tua, Siswa

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk membangun semangat siswa-siswi dalam belajar. Tempat kegiatan pengabdian masyarakat di Sekolah SD Negeri 5 pulau Raam yang merupakan salah satu kelurahan distrik sorong kepulauan, Pulau Raam, Kota Sorong, Papua Barat. Kondisi pada masa pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir membuat peran orang tua sangat dibutuhkan. kerjasama antara guru dan orang tua sangat diperlukan untuk tercapainya tujuan pendidikan Kemudian kebijakan pemerintah daerah yang membatasi jadwal kegiatan proses belajar mengajar yang membuat guru di sekolah SD Negeri 5 Pulau Raam  hanya bisa masuk 3 kali dalam seminggu. Metode yang digunakan dalam melaksnakan kegiatan pengabdian ini yaitu sosialisasi dan diskusi bersama guru dan orang tua. Peserta dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu orang tua atau wali murid siswa-siswi dan Guru SD Negeri 5 Pulau Raam. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Pengabdian ini sebanyak 15 orang dan 35 orangnya yaitu orang tua atau wali murid SD Negeri 5 pulau Raam. Total peserta sosialisasi yakni berjumlah 50 orang. Kegiatan sosialisai seperti ini sangat diperlukan orang tua agar membuka wawasan orang tua bahwa pembelajaran bukan hanya terjadi disekolah tetapi di rumah juga proses belajar dapat terjadi. Kerjasama antara guru  dan orang tua akan tercapai tujuan pendidikan berdasarkan Undang-Undang Dasar.

.

Author Biographies

Hidayani Hidayani, Universitas Muhammadiyah Sorong

Prodi Pendidikan Matematika

Supriadi Supriadi, Universitas Muhammadiyah Sorong

Prodi Pendidikan Matematika

Irna Rusani, Universitas Muhammadiyah Sorong

Pendidikan Matematika

Zakiyah Anwar, Universitas Muhammadiyah Sorong

Pendidikan Matematika

Marlinda Indah Eka Budiarti, Univeristas Muhammadiyah Sorong

Pendidikan Matematika

References

Alawiyah, F. (2015). Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013: Vol. VI (Issue 15).

Farkhana, N. (2010). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Sekolah Menengah Pertama DI Kecamatan Demak. In universitas Diponegoro Semarang.

Firdaus, F. (2020). Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan, 2.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79.

Hasrian Rudi Setiawan, M. P. ., & Lidia, S. P. . (2016). Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak.

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2.

Kemendikbud. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. 1–33.

Rangkuti, A. F., & Anggaraeni, F. D. (2005). Hubungan Persepsi Tentang Kompetensi Profesional Guru Matematika Dengan Motivasi. Psikologia, I(2), 76–85.

Reskia, S., Herlina, & Zulnuraini. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SDN Inpres 1 Birobulu. Elementary School of Education E-Journal, 2, 82–93.

Setyowati, N., Susilo, B. E., & Maskuran. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24–30.

Sujarwo. (2010). Peranan Guru Dalam Pemberdayaan Siswa.

Supartini, E. (2003). Peran Guru Dalam Pembaharuan Pendidikan.

Sutama, Narimo, S., & Haryoto. (2012). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Pascabencana Merapi. Jurnal Kependidikan, 42(Mei), 7–17.

Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Vol. 16, pp. 57–58).

Ustatik. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Perkalian Dan Pembagian Dengan Model Kooperatif Tipe Tps (Siswa Kelas V SD N Biting 02 Arjasa) (Vol. 5, Issue November).

Wangi, S. R., Winarti, E. R., & Kharis, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran CTL dengan Strategi React untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kedisiplinan Siswa Pada Materi Geometri. Unnes Journal of Mathematics Education, 5, 1–7.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles