Pendampingan Literasi Bahasa Inggris Dasar Siswa SD YPK Kharisma Melalui Penggunaan Alat Peraga Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v5i1.2120Keywords:
Teaching Aids, English LiteracyAbstract
Alat peraga sederhana merupakan media utama dalam proses pembelajaran agar dapat mempengaruhi pikiran, perhatian, serta keterampilan siswa sehingga mendorong kemauan belajarnya saat proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Alat peraga sederhana yang dimanfaatkan berasal dari bahan di lingkungan sekitar ataupun dapat dibuat sendiri, dalam penggunaannya alat peraga sederhana dapat membantu literasi dan numerasi siswa dalam lingkup pendidikan. Tujuan yang ingin dicapai pada pelaksanaan kegiatan ini adalah penggunaan alat peraga sederhana dalam meningkatkan literasi dan numerasi Bahasa Inggris siswa dengan membaca atau memahami kosa kata Bahasa Inggris sederhana dan mengenali pengucapan angka dalam Bahasa Inggris di sekolah SD YPK Kharisma Kota Sorong. Metode diskusi, pendampingan, dan penyuluhan adalah metode yang digunakan dalam kegiatan ini selama agustus hingga desember. Dari hasil pelaksanaannya dapat disimpulkan siswa SD YPK Kharisma menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang aktif menyebutkan kosa kata bahasa inggris yang ditanyakan, yang awalnya tidak ada seorang siswa pun, menjadi semua siswa di dalam kelas yang antusias dalam menjawab soal yang diberikan serta berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar dalam kelas.
References
Dyah Worowirastri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, Innany Mukhlis hina, & Beti Istanti Suwandayani. (2019). ELSE (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi Di Sd Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(4), 94.
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan numerasi Bahasa Inggris Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 6134. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Jagom, Y. O., Uskono, I. V., & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika sebagai Media Pembelajaran di SD Oebola Di Nusa Tengggara Timur. Abdidas, 1(3), 340–341.
Setiawan, F., & Sukamto, S. (2021). Implementasi Kampus Mengajar Perintis (KMP) Sebagai Cikal Bakal Penggerak Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 341.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 917.
Sutari, S. P. (2021). Alat Peraga Sederhana Efektif untuk Memahami Hukum I Newton. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/01/04/alat-peragasederhana-efektif-untuk-memahami-hukum-i-newton/
Wahyuningsih, B. Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Islamika, 2(1), 85. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.647
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License