Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa melalui Penerapan Team Games Tournament

Authors

  • Heriyanti Tahang Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Tri Westi Iriandini Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irna Rusani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Faida Musa’ad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Isnaeni Wahab Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i2.3485

Keywords:

Kampus Merdeka, Team games Tournament, Motivasi

Abstract

Untuk meningkatkan semangat belajar bahasa Inggris siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Sorong, kegiatan Pengabdian Masyarakat (PkM) ini akan mengadakan Team Games Turnament melalui permainan Kertas Estafet dan Pos Tantangan. Dengan menggunakan praktik langsung dengan siswa, ini menjadi pengalaman belajar bagi siswa. Mereka akan menerima pelajaran ini dalam ingatan dan pengalaman mereka. Melakukan wawancara dengan siswa untuk mendapatkan informasi tentang pengajaran dapat menghasilkan tanggapan yang positif dan dapat meningkatkan keinginan mereka untuk belajar bahasa Inggris lebih lanjut. Hasil tes lisan menunjukkan bahwa 80% siswa sangat senang dan termotivasi untuk belajar bahasa Inggris saat berpartisipasi dalam permanian, yang terdiri dari permainan estafet kertas dan tantangan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa menyukai permainan yang disediakan. Permainan adalah salah satu metode pembelajaran alternatif yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru dapat memilih permainan sebagai salah satu opsi mereka untuk mengajar siswa bahasa Inggris.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. Https://Doi.Org/10.23887/Jfi.V3i3.24525

Diktiristek. (2022). Apa Itu Kampus Mengajar? Marketing@Kampusmerdeka.Co. Https://Kampusmerdeka.Kemdikbud.Go.Id/Program/Mengajar/

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i2.2838

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. Https://Doi.Org/10.33852/Jurnalin.V1i2.32

Kompri, M. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Kusnadi. (2017). Model Inovasi Pendidikan Dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare To Be Different.” Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132–144.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). Jakarta : Kencana., 2011,2015.

Uu Sisdiknas. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nsional (Uu Nomor 20 Pasal 10 Tahun 2003).

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research And Development Journal Of Education, 8(1), 185. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V8i1.11718

Published

2024-07-13