Peran Pendidikan di Era Milenial
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.808Keywords:
Pendidikan, era milenial, beasiswa, digital literacyAbstract
Pendidikan merupakan sarana untuk mencapai proses keilmuan yang memadai, namun masih banyak kalangan yang belum memanfaatkan sarana tersebut untuk mengasah dan meningkatkan kapasitas dirinya. Melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam hal ini tersaji kedalam bentuk seminar dengan tema “Pendidikan Era Milenial untuk Siswa SMP Negeri 7 Tanjung Kasuari Di Kelurahan Suprau Distrik Maladomes Kota Sorong bertujuan agar memberikan informasi kepada siswa/i SMP tentang pentingnya pendidikan dan mudahnya mencapai cita-cita melalui pendidikan. Oleh karena itu, peran dari semua pemangku kepentingan dapat lebih turut andil dalam menciptakan sarana dan prasarana yang memadai guna membantu peserta didik memperoleh pendidikan yang terarah dan baik. Kegiatan ini meliputi beberapa aktifitas diantaranya; diawali dengan memberikan motivasi, demonstrasi dan tanya jawab kepada peserta seminar. Dalam pelaksanaannya program ini menunjukkan beberapa capaian positif diantaranya; antusiasme peserta dalam mengikuti seminar, menumbuhkan minat belajar peserta dan terserapnya informasi baru tentang adanya program beasiswa bagi putra-putri Papua. Adapun harapannya kedepan dengan adanya program Pengabdian Kepada Masyarakat dapat lebih memberikan manfaat yang nyata dan membantu meningkatkan sumber daya manusia di Kelurahan Suprau khususnya dan Kota Sorong seluruhnya.References
Aji T, P. (2019). Peran Generasi Milenial Bagi NKRI. https://setkab.go.id/peran-generasi-milenial-bagi-nkri-2/ diakses pada tanggal 01 Juli 2019.
Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233-247.
Fauzi, Fauzi. (2018). Peran Pendidikan dalam Transformasi Nilai Budaya Lokal Di Era Millenial. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 23. 51-65. 10.24090/insania.v23i1.2006.
Herlina, D. 2015. Membangun karakter bangsa melalui literasi digital. In Prosiding seminar nasional konstibusi ilmu-ilmu sosial dalam persepatan pembangunan Indonesia bermartabat.
Wael, A., Saputra, D., & Setyawati, E. (2019). Enhancing Students’ Oral Communication By Using Communicative Language Teaching (CLT). Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(1), 38-49.
Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145-151.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License