Sosialisasi Peningkatan Kapabilitas Aparatur Pemerintah Melalui Pendidikan Rekognisi Pembelajaran Lampau di Kabupaten Sorong

Authors

  • Lukman Rais Universitas Muhammadiyah Sorong https://orcid.org/0009-0004-4356-4671
  • Wahyudin Halik Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Arie Purnomo Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Ali Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Uswatul Mardliyah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Masni Banggu Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Salmawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Umar Ramli Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Bustamin Wahid Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i2.3504

Keywords:

Sosialisasi, Peningkatan Kapabilitas, Aparatur Pemerintah, Rekognisi Pembelajaran Lampau

Abstract

Sosialisasi Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) menjadi inisiatif Universitas Muhammadiyah Sorong dengan melakukan layanan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga diharapkan membuka peluang bagi pegawai untuk mendapatkan pendidikan tingkat strata-1 (sarjana).  Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pegawai Pemerintah Kabupaten Sorong mengenai manfaat, prosedur, dan peluang yang ditawarkan oleh sistem RPL, dengan tujuan utama mengembangkan sumber daya manusia di bidang pemerintahan melalui program akademik sarjana yang fokus pada ilmu pemerintahan dan memberi peluang kepada lulusan program pendidikan dan pelatihan untuk memperoleh pengakuan kesetaraan dengan kualifikasi tertentu sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).  Sosialisasi ini dilakukan pada bulan Juni 2024 dengan sasaran utama kantor Distrik Kabupaten Sorong dengan 3 (tiga) bentuk kegiatan seperti pembuatan road map kegiatan, pembagian tim dan  sosialisasi secara langsung.  Sosialisasi ini menjelaskan 1) Asas utama pembukaan jalur RPL, yaitu memberikan kesempatan kepada pegawai yang telah berkarir profesional dan ingin memperoleh gelar sarjana, 2) Tujuan pembukaan jalur RPL, yaitu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melanjutkan pendidikan sepanjang hayat melalui jalur pendidikan formal di Pendidikan Tinggi, dan mendorong individu yang mengalami putus sekolah atau tidak dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, namun memiliki kompetensi dan pengalaman kerja yang relevan, untuk kembali melanjutkan studi ke jenjang Pendidikan Tinggi, dan 3) diskusi terkait dokumen atau portofolio yang dapat diakui dalam proses RPL yang memungkinkan untuk mempercepat kemajuan studi dengan mengakui pendidikan nonformal, informal, dan pengalaman kerja. Sosialisasi ini diharapkan akan meningkatkan minat pegawai untuk melanjutkan studi dan meningkatkan kapabilitas mereka dalam bekerja.

Author Biography

Lukman Rais, Universitas Muhammadiyah Sorong

-

References

Ali, M., Halik, W., Ramli, U., Banggu, M., Salmawati, Rais, L., Basri, L., Wahid, B., Hidaya, N., Sangadji, I. M., & Purnomo, A. (2024). Sosialisasi Sistem Pendidikan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Pemerintah Kota Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 6(1), 49–57. https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i1.3128

Lay, M. R. (2022). Strategi Pengembangan Aparatur Pemerintah Daerah Dalam Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Madiistriyatno, H., Slamet, R., & Devi, N. K. (2023). Sosialisasi Program RPL Kepada Pegawai Kecamatan Pasar Minggu. Jurnal Selaras, 1(4), 25–30.

Mashuri, F. S. M. A. (2022). Strategi Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara dalam Mewujudkan World Class Government. Ejournal.Unmus.Ac.Id, 11(April), 2354–7693. http://www.ejournal.unmus.ac.id/index.php/societas/article/view/4339

Mulyani, S. (2024). Kebijakan Publik Di Bidang Pendidikan Tinggi Dalam Kaitannya Dengan Penerapan Rekognisi Pengalaman Lampau ( RPL ). Jurnal Komunikasi Dan Adminsitasi Publik, 11(20), 221–228.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia antara Keinginan dan Realita. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2(2), 233–245.

Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Layanan, L., Tinggi, P., & Xiii, W. (2023). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Utami, S. I., & Verawati, D. M. (2023). Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kapabilitas Pegawai Pada Pemerintahan Kota Magelang. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 3(2), 224–229. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/214

Wahab Syakhrani, A., Norman, Ramadan, R. S., & Rahmadani. (2022). Sistem Pendidikan Di Negara Indonesia. Adiba: Journal of Education, 2(3), 386–398.

Published

2024-07-16

Most read articles by the same author(s)