Pelatihan Pengolahan Singkong (Tela-tela Singkong) Menjadi Oleh-oleh Khas Kampung Malaumkarta Distrik Makbon

Authors

  • Masniar Masniar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nanik Perwanti Universitas Muhammadiyah sorong
  • Uswatul Mardliyah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Siti Nur Kayatun Universitas muhammadiyah Sorong
  • Hermansa Hermansa Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i1.1450

Keywords:

Wisata, Singkong, Oleh-Oleh. Peningkatan Penghasilan

Abstract

Kampung Malaumkarta merupakan salah satu daerah wisata yang mulai berkembang. Selain itu, daerah ini memiliki potensi tanah yang subur dan bisa digunakan bagi para petani untuk bercocok tanam serta untuk peternakan sapi. Hasil kebun berupa Singkong, Pisang dan berbagai sayuran. Hasil panen singkong kampung Malaumkarta masih dijual langsung ke pasar yang ada di Kota Sorong tanpa pengolahan sehingga memiliki nilai ekonomis yang cukup rendah. Hal ini disebabkan minimnya pengetahuan terhadap pengolahan singkong. Untuk menambah nilai ekonomis pada singkong perlu diolah menjadi produk yang lebih menarik dan tidak memerlukan modal yang besar dalam hal pengolahannya, dapat dijual pada para wisatawan lokal dan juga masyarakat kampung itu sendiri dengan harga terjangkau. Oleh karena itu maka diadakan pelatihan pengolahan Singkong menjadi tela tela Singkong yang akan dijadikan usaha untuk menambah penghasilan ibu ibu rumah tangga.

References

Rachmayanti. N. 2019. Manfaat Singkong Bagi Kesehatan. Diakses 28 Maret 2021. Tersedia di https://m.bola.com/ragam/read/4092996/7-manfaat-singkong-rebus-bagi-kesehatan-yang-jarang-diketahui.

Aziz. K. I. 2020. Gurihnya Cemilan Tela-Tela Singkong. Diakses pada 28 Maret 2021. Tersedia di https://cookpad.com/id/resep/9796507-tela-tela-singkong.

Support. 2020. Gurihnya usaha cemilan Tela tela Singkong. Diakses 1 April 2021. Tersedia di https://dikemas.com

Veronica D.P 2019. Manfaat Singkong Bagi Kesehatan dan cara mengolahnya. Diakses pada 1 April 2021. Tersedia di https://www.alodokter.com

Downloads

Published

2022-01-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)