Pelatihan Strategi Pemasaran Daring Produk Daur Ulang Sebagai Alternatif Penghasilan Tambahan
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.1394Keywords:
Pandemi Covid 19, Pemasaran Daring, Pengabdian Masyarakat, E-CommerceAbstract
Kondisi perekonomian yang memburuk akibat Covid 19 menyebabkan banyaknya tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan. Keterbatasan kemampuan pemerintah dalam membantu semua masyarakatnya menjadi perhatian bagi setiap masyarakat untuk saling membantu. Momentum perkembangan teknologi di masa pandemi yang berjalan lebh cepat dari perkiraan seharusnya menjadi kunci dalam menemukan alternatif penghasilan baru. Komunitas Bank Sampah Berkah Cakrawala di Desa Ngancar, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri telah mengambil peran dalam menciptakan alternatif penghasilan baru dari produk daur ulang sampah. Walaupun demikian masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi diantarannya adalah lokasi Kecamatan Giriwoyo yang tidak strategis secara pasar untuk produk barang bekas, kemamupuan menjual dari para pelaku usaha barang bekas, dan tidak memahami strategi pemasaran secara daring dengan baik. Dari permasalahan tersebut kemudian dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu pendampingan strategi pemasaran daring melalui e-commerce. Kegiatan ini terdiri dari 3 tahapan yaitu persiapan, implementasi, dan evaluasi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pemasaran bagi masyarakat Desa Ngancar terkait dengan pemasaran secara daring terutama produk daur ulang, serta memberikan alternatif ide-ide bisnis dan produk yang bisa diperjualbelikan.
Â
References
Aligarh, F. (2017). Pengitegrasian Model Ekspektasi Konfirmasi, Keadilan, Kepercayaan dan Ketanggapan Persepsian Dalam Menjelaskan Perilaku Keluhan Di Situs Belanja Online. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 2(2).
Hussein, L. A., Baharudin, A. S., Jayaraman, K., & Kiumarsi, S. H. A. I. A. N. (2019). B2B e-commerce technology factors with mediating effect perceived usefulness in Jordanian manufacturing SMES. Journal of Engineering Science and Technology, 14(1), 411-429.
Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.
Rimadias, S., Herlambang, A. S., Muladi, A., & Dharma, H. E. (2021). The role of E-WOM in social media on purchase intention on the Shopee e-commerce platform in Indonesia. In Synergizing Management, Technology and Innovation in Generating Sustainable and Competitive Business Growth (pp. 93-98). Routledge.
Wu, L. (2013). The antecedents of customer satisfaction and its link to complaint intentions in online shopping: An integration of justice, technology, and trust. International Journal of Information Management, 33(1), 166-176.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License