Peran Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Air Bersihm(Kolaborasi Masyarakat Kampung dengan Mahasiswa PHP2D Universitas Muhammadiyah Sorong)

Authors

  • La Basri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Uswatul Mardliyah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Jufri Rumalean Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Miryam Diana Kalagison Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Abdullah Abdullah Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i1.1573

Keywords:

Peran, Partisipasi Masyrakat, Pembangunan Air Bersih

Abstract

Air merupakan salah satu faktor terpenting masih manusi dalam menjalankan aktifitas keseharianya, sehingga perlu adanya peran dan partisipasi masyarakat dalam memenuhi  kebutuhan hitup tersebut. Metode kualitatif yang digunakan dalam pengabdian ini, yang meliputi pekerjaan secara penuh di lapangan selama satu minggu di kampung Baingkete dengan langkah; 1) Persiapan (survey lokasi, wawancara, pemetaan lokasi dan sosialisasi; 2) Pelaksanaan Program  (program air bersih) dan; 3) Evaluasi Program (tindahlanjut program). Program ini menitiberatkan pada 25 kepala keluarga yang belum menikmai air bersih secara baik dari jumlah 43 kepala keluarga yang ada di kampung Baingkete. Peran dan partisipasi masyarakat sangat baik dan menunjukan rasa kepedulian kepada tim pengabdian dengan adanya rasa kekerabatan yang terbangan antara mahasiswa dan masyarakat setempat.

References

Adon, Jamaludin Nasrullah. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Afriadi, T., & Wahyono, H. (2012). Partisipasi masyarakat dalam penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) di Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 8(4), 341-348.

Oktavianisya, N., Aliftitah, S., & Hasanah, L. (2020). Pemberdayaan Masyarakat dalam Penggunaan Air Bersih dan Air Minum di Desa Cangkreng Kecamatan Lenteng. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 5(2), 98-107.

Warlina. 2004. Pencemaran Air, Sumber, Dampak dan Penaggulanganya. Bogor: Intitut Pertanian Bogor

Undang-undang No. 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air.

Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 2005 Tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum

Downloads

Additional Files

Published

2022-01-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)