Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan ekosistem wilayah pesisir Pantai Malaumkarta Kabupaten Sorong

Authors

  • Uswatul Mardliyah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nanik Purwanti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Siti Nurul Nikmatul Ula Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Masniar Masniar Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i2.1628

Keywords:

Pemberdayaan, Ekosistem, Pesisir Pantai

Abstract

Pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan ekosistem wilayah pesisir pantai Malaumkarta Distrik Makbon Kabupaten Sorong melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan  masyarakat di kampung malaumkarta belum terlalu memahami manfaat dan juga peluang mengembangkan ekosistem wilayah pesisir pantai yang merupakan salah satu  objek pariwisata, dan tentu ini berpengaruh pada kondisi perekonomian masyarakatnya yang masih sangat  rendah. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi. pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi sebagai implementasi ilmu pengetahuan yang bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal ini bagaimana memberdayakan masyarakat dalam pengembangan ekosistem wilayah pesisir pantai.  

References

Dahuri R, Ginting Sp, Rais J, Sitepu MJ. 1996. Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: Pradnya Paramita.

Nikijuluw VPH (2001). Aspek Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir dan Strategi Pemberdayaan Mereka dalam Kontek Pengelolaan Sumber daya Pesisir Secara Terpadu. (Prosiding). Pusat Kajian Sumber daya Pesisir dan Lautan. Institut Pertanian Bogor.

Laporan Kelompok Kegiatan K2N Mahasiswa UNiversitas Muhammadiyah Sorong.2020.LP3M:SorongLokasi Kampung Malaumkarta Distrik Makbon Kabupaten Sorong Papua Barat

Downloads

Published

2022-07-21

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)