Upaya Peningkatan Kesuburan Tanah Pada Lahan Kering Di Kelurahan Aimas Distrik Aimas Kabupaten Sorong

Authors

  • Mira Herawati Soekamto Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ahmad Fahrizal Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.670

Keywords:

kesuburan tanah, lahan kering, aimas

Abstract

Kelurahan Aimas merupakan bagian dari distrik Aimas di Kabupaten Sorong  yang sebagian penduduknya masih mengandalkan penghasilan dari bercocok tanam. Budidaya tanaman dilakukan pada lahan-lahan yang produktivitasnya semakin menurun, sehingga menunrunkan juga produksi tanaman. Berbagai factor menjadi penyebab hal tersebut seperti penurunan kandungan hara akibat lahan yang telah lama atau dalam jangka waktu lama diolah, penggunaan  pupuk anorganik dalam jangka waktu lama ataapun penggunaan pestisida yang digunakan dalam jangka waktu lama dengan tidak pada aturan sehingga menyebabkan penurunan kualitas tanah atau penurunan produktivitas tanah dalam menghasilkan tanaman. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengadakan pendekatan kepada petani melalui berbagai kegiatan seperti mentransfer ilmu dalam menjaga  atau memperbaiki lahan dengan berbagai cara yang dilakukan seperti mengetahu berbagai penyebab kerusakan tanah, cara-cara memperbaiki kerusakan tanah serta bagaimana penerapan  pemberian pupuk organic ke dalam tanah. Untuk menjaga keberlanjutan lahan.

References

Abdurachman, A., Dariah, A., & Mulyani, A. (2008). Strategi dan teknologi pengelolaan lahan kering mendukung pengadaan pangan nasional. Jurnal Litbang Pertanian, 27(2), 43-49.

Prasad, Jalaluddin Rumi. 2018. Tanah Subur dan Mikroorganisme. Diakses tanggal 18 April 2019. https://www.kompasiana.com/varumi /5623de7feaafbdd41715a27f/tanah-subur-dan-mikroorganisme?page=all

Supriyadi, S. (2008). Kandungan bahan organik sebagai dasar pengelolaan tanah di lahan kering Madura. Embryo, 5(2), 176-183.

Munawar, Ali. 2011. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman. IPB press.

Downloads

Published

2019-07-13

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>