Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Calistung Siswa Paud Katholik dan SD Unimuda Kokoda di Kelurahan Makbusun

Authors

  • Muhammad Arifin Abd Kadir Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nurul Fajeriana Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i1.1478

Keywords:

Pembelajaran, Membaca, Menulis, Berhitung, Usia Dini

Abstract

Usia dini adalah masa keemasan (Golden Age) pada anak yang merupakan masa produktif untuk dilatih dan diasah dengan baik. Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yaitu aspek perkembangan bahasa. Dalam perkembangan bahasa mencakup kemampuan membaca, menulis, menyimak, mendengarkan, berbicara dan berkomunikasi dan tingkat lanjutnya kemampuan dalam berhitung. Peningkatan Kemampuan dan keterampilan Calistung di Kelurahan Makbusun dilaksanakan pada PAUD Katholik dan SD UNIMUDA Kokoda pada tanggal 16-17 Maret 2021oleh Dosen Pembibing Lapangan, 9 orang mahasiswa peserta K2N dan para guru yang ikut mendampingi. Manfaat dari kegiatan PAUD Ceria ini adalah memaksimalkan potensi anak saat berada pada masa golden age di kelurahan Makbusun. Harapan kedepannya melalui kegiatan ini, PAUD dapat dijadikan tempat untuk memberikan pendidikan dan kebiasaan baik pada anak-anak usia dini, serta menjadikan PAUD sebagai tempat persiapan menuju pendidikan formal. Tentunya dengan meningkatkan kualitas PAUD dengan melengkapi dan memaksimalkan sarana dan prasarana yang tersedia. Manfaat kegiatan ini selain membantu anak-anak SD yang berkesulitan belajar juga menambah wawasan mereka terhadap pengetahuan-pengetahuan baru terakait dengan mata pelajaran yang diajarkan. Program Belajar mengajar di PAUD dan SD UNIMUDA Kokoda Kelurahan Makbusun mendapatkan respon dan dukungan yang sangat luar biasa dari peserta didik, para guru, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat dan para orang tua.

References

Abd. Kadir, M. A. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Camat Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.33506/jn.v3i1.86

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Djago, T. (1997). Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia di Kelas Rendah (Universitas Terbuka: Jakarta, Ed.).

Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315

Husnaini, N., & Jumrah, J. (2019). Kegiatan Mewarnai Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–133.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru) (PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta, Ed.).

Slamet, S. Y. (2008). Dasar – Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (UNS Press: Surakarta, Ed.).

Downloads

Published

2022-01-22

Issue

Section

Articles