Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Calistung Siswa Paud Katholik dan SD Unimuda Kokoda di Kelurahan Makbusun
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i1.1478Keywords:
Pembelajaran, Membaca, Menulis, Berhitung, Usia DiniAbstract
Usia dini adalah masa keemasan (Golden Age) pada anak yang merupakan masa produktif untuk dilatih dan diasah dengan baik. Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yaitu aspek perkembangan bahasa. Dalam perkembangan bahasa mencakup kemampuan membaca, menulis, menyimak, mendengarkan, berbicara dan berkomunikasi dan tingkat lanjutnya kemampuan dalam berhitung. Peningkatan Kemampuan dan keterampilan Calistung di Kelurahan Makbusun dilaksanakan pada PAUD Katholik dan SD UNIMUDA Kokoda pada tanggal 16-17 Maret 2021oleh Dosen Pembibing Lapangan, 9 orang mahasiswa peserta K2N dan para guru yang ikut mendampingi. Manfaat dari kegiatan PAUD Ceria ini adalah memaksimalkan potensi anak saat berada pada masa golden age di kelurahan Makbusun. Harapan kedepannya melalui kegiatan ini, PAUD dapat dijadikan tempat untuk memberikan pendidikan dan kebiasaan baik pada anak-anak usia dini, serta menjadikan PAUD sebagai tempat persiapan menuju pendidikan formal. Tentunya dengan meningkatkan kualitas PAUD dengan melengkapi dan memaksimalkan sarana dan prasarana yang tersedia. Manfaat kegiatan ini selain membantu anak-anak SD yang berkesulitan belajar juga menambah wawasan mereka terhadap pengetahuan-pengetahuan baru terakait dengan mata pelajaran yang diajarkan. Program Belajar mengajar di PAUD dan SD UNIMUDA Kokoda Kelurahan Makbusun mendapatkan respon dan dukungan yang sangat luar biasa dari peserta didik, para guru, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat dan para orang tua.
References
Abd. Kadir, M. A. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Camat Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.33506/jn.v3i1.86
Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23
Djago, T. (1997). Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia di Kelas Rendah (Universitas Terbuka: Jakarta, Ed.).
Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315
Husnaini, N., & Jumrah, J. (2019). Kegiatan Mewarnai Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–133.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru) (PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta, Ed.).
Slamet, S. Y. (2008). Dasar – Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (UNS Press: Surakarta, Ed.).
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License