Sosialisasi Penggunaan Book Creator Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SDN 04 Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i1.3979Keywords:
Book Creator, E-Book, Learning Media, Interactive LearningAbstract
Kegiatan "Sosialisasi Penggunaan Book Creator Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SDN 04 Kota Sorong" bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran digital berbasis teknologi yang inovatif serta memberikan wawasan tentang pemanfaatannya sebagai alat promosi sekolah. Book Creator, sebagai aplikasi yang memungkinkan pembuatan buku digital interaktif, menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan metode pembelajaran konvensional dan mendukung pengembangan pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar. Metode kegiatan ini melibatkan tahapan-tahapan sistematis, meliputi pengenalan konsep, demonstrasi, praktik langsung, kolaborasi kelompok, serta sesi presentasi dan refleksi. Pada tahap pengenalan, peserta mendapatkan pemahaman teoritis tentang fitur-fitur Book Creator dan manfaatnya dalam menciptakan media pembelajaran yang lebih menarik. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa guru-guru SDN 04 Kota Sorong mengalami peningkatan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung proses pembelajaran. Media yang dihasilkan mampu menghadirkan pembelajaran yang lebih interaktif, kontekstual, dan menyenangkan, sehingga berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, guru menyadari bahwa Book Creator dapat dimanfaatkan sebagai alat promosi sekolah melalui pembuatan buku digital yang berisi profil sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, prestasi siswa, serta inovasi pembelajaran yang diterapkan. Kegiatan ini berhasil membuka wawasan guru akan pentingnya integrasi teknologi dalam dunia pendidikan serta potensi besar media digital dalam mendukung citra positif sekolah. Dengan adanya sosialisasi ini, guru-guru di SDN 04 Kota Sorong berkomitmen untuk mengimplementasikan penggunaan Book Creator secara berkelanjutan dalam proses belajar mengajar dan pengembangan konten promosi sekolah. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mendorong transformasi pendidikan menuju era digital yang lebih kreatif, inovatif, dan berdaya saing tinggi.
References
A. Bilqis, P. D. Iswara, and A. N. Aeni, “Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas IV,” Diglosia J. Kaji. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 6, no. 2, pp. 437–448, 2023, doi: 10.30872/diglosia.v6i2.628.
“PELATIHAN PEMBUATAN BUKU DIGITAL BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER SEBAGAI BAHAN AJAR INOVATIF BAGI GURU DI SMP NEGERI BUTI.pdf.”
A. R. Oktaviani Desi, “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Smart Apps Creator Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas III SD,” J. Basicedu, vol. 6, no. 6, pp. 10298–10306, 2022, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
R. A. Putri, S. Uchtiawati, and N. Fauziyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Flip Book Menggunakan Kvisoft Flip Book Maker Berbasis Seni Budaya Lokal,” Didakt. J. Pemikir. Pendidik., vol. 26, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.30587/didaktika.v26i2.1468.
Y. F. Br Ginting and H. Simamora, “Penggunaan E-Book Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Edu Cendikia J. Ilm. Kependidik
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License