Sosialisasi Literasi Guna Memberantas Buta Aksara di SD Negeri O4 Tanjung Kasuari

Authors

  • Marlinda Indah Eka Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Supriadi Supriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sundari Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Faisal Eka Mahendra Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rizky Ekawaty Ahmad Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i1.3025

Abstract

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mengajarkan peserta didik kelas satu SD Negeri 4 Desa Tanjung Kasuari cara membaca dan menulis abjad dengan pendekatan menggambar, mewarnai dan membaca cerpen. Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran ini adalah sosialisasi tatap muka langsung kepada siswa sekolah dasar di kecamatan Tanjung Kasuari, dimana sosialisasi dilakukan secara berkelompok. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran membaca dan menulis abjad, berkreasi menggambar bebas menggunakan spidol mewarnai dan menguji daya ingat dengan ye-yel.

References

Kasiyun, Suharmono. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya Volume 1, Nomor 1, Hal. 79-95. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95

OECD. 2019. PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.

OECD. 2023. PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Rusani I., Hidayani, Supriadi, Anwar Z. 2022. Pendampingan Belajar Berhitung Siswa Sekolah Dasar di Kelurahan Matawolot. Abdimas: Papua Journal of Comonity Service, Volume. 4, No. 2., Hal. 58-60, https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i2.1870

Supriadi, Anwar Z., Hidayani, Rusani I. 2021. Analisis Sumber Belajar Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Kolutus, Volume 4, No. 1, Halaman 96-106, https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.565

Published

2024-01-10

Issue

Section

Articles