Bullying dan Kekerasan Seksual terhadap Kesehatan Mental Anak pada Kelurahan Suprau
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i2.4627Keywords:
bullyingAbstract
Bullying merupakan salah satu tindak kekerasan yang dilakukan baik secara fisik, psikis, mental maupun spiritual. Perilaku bullying biasa terjadi dimana saja baik itu dilingkungan rumah, tempat bermain, termasuk lingkungan pendidikan. Sama halnya dengan bullying kekerasan seksual terhadap anak merupakan salah satu permasalahan serius yang dihadapi pemerintah saat ini dikarenakan berkaitan dengan upaya pemerintah untuk melaksanakan UU perlindungan anak No. 35 tahun 2014. Disisi lain, anak korban kekerasan seksual merupakan bagian dari masyarakan yang belum matang perkembangannya baik secara fisik maupun psikologis sehingga membutuhkan pendampingan khusus dalam penanganannya. Fokus permasalahan yang akan dicari jawabannya melalui penelitian ini adalah “pengaruh bullying dan kekerasan seksual terhadap kesehatan mental terhadap anak pada kelurahan suprau.” Metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Anak yang pernah mengalami bullying dan kekerasan seksual beresiko lebih tinggi untuk mengalami gejala depresi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kurangnya kesadaran orang tua untuk menjaga anak dengan baik. Disarankan kepada kementrian pendidikan agar menerapkan sekolah ramah anak untuk mengurangi peristiwa bullying dan kekerasan seksual,myang dapat beresiko menimbulkan gejala depresi pada anak.
References
Ayuni Despa. 2021. “Pencegahan Bullying Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Journal of Education Research 2(3):93–100.
Aziza, Nur. 2024. “Analisis Dampak Bullying Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik Di Pendidikan Menengah.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen) 3(3):130–37. doi: 10.31960/dikdasmen-v3i3-2424.
Bulu, Yunita, Neni Maemunah, and Sulasmini. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying Pada Remaja Awal.” Nursing News 4(1):54–66.
Fithria, and Rahmi Auli. 2019. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Denga Perilaku Bullying.” Idea Nursing Journal VII(3):9–17.
Jufri, Fita, and Yeni Karneli. 2021. “Konstribusi Self Esteem Terhadap Perilaku Bullying Siswa.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 6(1):62. doi: 10.29210/3003750000.
Kemensesneg, RI. 2014. “Undang - Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.” UU Perlindungan Anak 48.
Khaliza, Cindy Nur, Besral Besral, Iwan Ariawan, and Herlina J. EL-Matury. 2021. “Efek Bullying, Kekerasan Fisik, Dan Kekerasan Seksual Terhadap Gejala Depresi Pada Pelajar SMP Dan SMA Di Indonesia: Analisis Data Global School-Based Student Health Survey Indonesia 2015.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia 2(2):98–106. doi: 10.15294/jppkmi.v2i2.53149.
Kurniawan, A. Y., D. W. Ayuningtyas, M. Aurelia, and ... 2022. “Penyuluhan Pencegahan Bullying Terhadap Kalangan Pelajar SMP.” Prosiding Seminar … 1–8.
Mufrihah, Arina. 2016. “Perundungan Reaktif Di Sekolah Dasar Dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah.” Jurnal Psikologi 43(2):135. doi: 10.22146/jpsi.15441.
Munawarah, R. R. D. 2022. “Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 15–32.
Munawir, Roichatuzzuhriyah Filailatil Fitriyah, and Salsabila Artamevia Khairunnisa. 2024. “Fenomena Bullying Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam.” Studia Religia : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 8(1):29–39. doi: 10.30651/sr.v8i1.22136.
Nurhayaty, Ety, and Ade Sri Mulyani. 2020. “Pengenalan Bulliying Dan Dampaknya Pada Pelaku Dan Korban.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):173–79. doi: 10.31294/jabdimas.v3i2.8013.
Oktaviany, Desri, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2023. “Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(3):1245–51. doi: 10.31949/educatio.v9i3.5400.
Susilawati. 2017. Kesehatan Mental Menurut Zakiah Daradjat.

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License