PKM Pengembangan Website sebagai Media Promosi Pulau Soop, Kota Sorong

Authors

  • Mohammad Arief Nur Wahyudien Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Mirga Maulana Rachmadhani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Siti Nur Kayatun Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Rizki Setyawan Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rahmatullah Bin Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Umar Rusli Marasabessy Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Marlinda Indah Eka Budiarti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Bekti Wiji Lestari Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i2.3459

Keywords:

Website, Media Promosi, Pulau Soop

Abstract

Papua Barat Daya adalah provinsi di Timur Indonesia yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Provinsi ini kaya akan sumber daya alam, dengan tanah subur yang cocok untuk pertanian dan lautan dengan keanekaragaman biota laut. Salah satu destinasi menarik di Papua Barat Daya adalah Pulau Soop, dengan luas sekitar 2,67 km² dan populasi 1.378 jiwa. Pulau Soop dapat dicapai dalam 20 menit menggunakan kapal boat dari pelabuhan SAR. Pulau Soop menawarkan pantai indah dengan pepohonan kelapa yang rimbun, menciptakan suasana asri. Pulau ini memiliki tempat wisata bahari menarik seperti Pantai Pasir Putih, Goa Jepang, Sumur Belanda, dan Tanjung Lampu. Semua tempat ini menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung. Namun, informasi tentang potensi alam dan wisata Pulau Soop masih terbatas dan belum banyak dipublikasikan. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan membuat situs web informasi untuk memperkenalkan Pulau Soop kepada masyarakat dan wisatawan. Situs web ini memberikan informasi komprehensif tentang keindahan dan potensi wisata Pulau Soop. Diharapkan, melalui situs web ini, Pulau Soop bisa lebih dikenal, menarik lebih banyak wisatawan, dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui pengembangan sektor pariwisata.

References

Marau, A.K., Wiranegara, H.W. and Taki, H.M. (2023) ‘Tingkat Potensi Objek Wisata Alam Di Kota Sorong’, JURNAL BHUWANA, 2(2), pp. 151–159. Available at: https://doi.org/10.25105/bhuwana.v2i2.16382.

Nurfaizah and Oktarina, A. (2024) ‘Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, Pengeluaran Pemerintah, dan Dana Otonomi Khusus Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Papua Barat’, Jurnal Baabu Al-Ilmi Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(1).

Rikah, Damayanti and Susanti, A. (2023) ‘Pkm Kelompok Usaha Pariwisata Untuk Peningkatan Nilai Ekonomi Kawasan Pantai Balong Mulyo’, Jurnal Bakti Kita, 04(02), pp. 79–88.

Rumalutur, S., Ohoiwutun, J. and Alimuddin (2020) ‘Sosialisasi dan Perbaikan Instalasi Kelistrikan di Kelurahan Pulau Soop Distrik Sorong Kepulauan Propinsi Papua Barat’, Jurnal Pengabdian Aedificate, 1(1), pp. 12–15.

Sukmawati, S., Ibrahim, I., Arsyad, R. B., & Ramadanti, T. (2024). Penyuluhan, Pendidikan, dan pelatihan Manajemen Sumber Daya manusia dalam Pengolahan Hasil Perikanan di Kelurahan Saoka, Distrik Maladummes, Kota Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 6(1), 35-39.

Trisnawarman, D., Sutrisno, T. and Christanti, V. (2021) ‘Pengembangan Website Kelurahan Kota Bambu Utara Jakarta’, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1), pp. 192–198. Available at: https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.9933.

Published

2024-07-12

Most read articles by the same author(s)