Sosialisasi dan Workshop Desain Grafis di Sma Muhammadiyah Al-Amin
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i1.2962Keywords:
Desain Grafis, SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota SorongAbstract
Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap lembaga pendidikan khususnya di lingkup sekolah SMA Muhammadiyah Al-amin kota sorong. Perlunya informasi, proses belajar mengajar yang bisa diserap oleh guru di SMA Muhammadiyah Al-amin Kota Sorong. Di SMA Muhammadiyah Al-amin Kota Sorong yang sedang melaksanakan penerimaan peserta didik baru, tentunya akan memulai proses belajar mengajar di hari pertama sekolah. Pembuatan spanduk seperti selamat datang kepada peserta didik baru dan pembuatan brosur salah satu hal penting untuk dibuat karena dengan adanya spanduk dan brosur peserta akan lebih mudah mengetahui informasi. Dengan mempelajari desain grafis diharapkan para guru dapat membentuk skill setelah menerima materi dan berguna bagi mereka. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode workshop. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dapat di presentase 81% guru-guru memilih sangat setuju terhadap penyampaian materi secara teori dan praktek desain grafis. Skor presentase 80% guru-guru memilih setuju terhadap penyampaian materi secara teori dan prakte desain grafis. Skor presentasi 75% guru-guru memilih netral terhadap penyampaian materi secara teori dan praktek desain grafis. Sedang skor presentasi 40% guru-guru tidak setuju terhadap penyampaian materi secara teori dan praktek desain grafis, dan dengan skor presentase 20% guru-guru memilih sangat tidak setuju terhadap penyampaian materi secara teori dan praktek desain grafis.
References
Alita, D., Rahmanto, Y., Putra, A. D., Suaidah, S., & Permata, P. (2022). Pelatihan Desain Grafis Pada Smks Nurul Huda Pringsewu. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 337-346.
Budiarto, S. P. (2019). Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruhan Persatuan Guru Republik Indonesia Banyuputih Situbondo. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 308-313.
Dewojati, R. K. W. (2009). Desain grafis sebagai media ungkap periklanan. Imaji, 7(2).
Arsyad, R. B., Kahar, M. S., Wahyudien, M. A. N., Tumbio, A., Niza, A. K., Putri, C. T., ... & Kammu, I. (2022). Pengembangan Minat Baca Dan Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Pada Anak-Anak Kelurahan Saoka. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(08), 1045-1049.
Sujono, S., & Roziqin, M. K. (2020). Pelatihan Dasar Desain Grafis (Corel Draw) Pembuatan Poster di MI Subulussalam Pucangsimo Bandarkedungmulyo Jombang. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39-46.
Sukmawati, S., Ibrahim, I., Arsyad, R. B., & Ramadanti, T. (2024). Penyuluhan, Pendidikan, dan pelatihan Manajemen Sumber Daya manusia dalam Pengolahan Hasil Perikanan di Kelurahan Saoka, Distrik Maladummes, Kota Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 6(1), 35-39.
Tahang, H., Arsyad, R. B., & Febriadi, I. (2019, September). Pemberantasan buta aksara di Kampung Syarwom Distrik Bamusbama Kabupaten Tambrauw Papua Barat. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1, No. 1, pp. 137-144).
Raafi'udin, R., Hananto, B., & Dewi, C. N. P. (2020).Pelatihan Desain Grafis untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Menambah Daya Saing Masyarakat Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. SULUH: Jurnal Abdimas, 2(1), 70-77.
Wardhanie, A., & Lebdaningrum, K. (2023). Pengenalan Aplikasi Desain Grafis Figma pada Siswa-Siswi Multimedia SMK PGRI 2 Sidoarjo. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 165-174.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License