Pelestarian Lingkungan Di SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong Papua Barat

Authors

  • Rahmatullah Bin Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Syahrul Kahar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Fathurrahman Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Achmad Rusdi Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pelestarian Lingkungan Hidup, SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong, Program kerja

Abstract

Gerakan pelestarian lingkungan  saat ini telah berkembang dan menjalar di Indonesia sebagai upaya penyelamatan lingkungan. Mengingat pesatnya penduduk dan masih rendahnya kesadaran untuk menjaga lingkungan sehingga menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan. Untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup maka perlu diadakan beberapa upaya pelestarian lingkungan hidup pada siswa SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong. Kegiatan ini bertujuan untuk  membantu menangani permasalahan lingkungan yang terjadi di SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong, memberikan motivasi dan contoh nyata melalui upaya pelestarian lingkungan yang diterapkkan di lingkungan sekolah agar siswa memiliki kepekaan, rasa cinta dan perasaan memiliki untuk bersama mengelola serta menjaga kelestarian lingkungan disekitanya. Kegiatan pelestarian lingkungan ini menggunakan metode deskriptif, melalui suatu tindakan nyata dalam upaya pelestarian seperti penanaman bibit pohon, pengadaan tempat sampah dan  kerja bakti pembersihan lingkungan sekolah. Kesimpulannya bahwa kegiatan ini dapat terselenggara secara baik dan lancar, hal ini tidak terlepas dari partisipasi dan dukungan berbagai pihak didalamnya. Tidak hanya itu, upaya pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan pada lingkungan sekolah memberikan manfaat bagi siswa maupun para guru. Selain lingkungan sekolah menjadi bersih dan sehat, mereka termotivasi untuk melestarikan lingkungan hidup sekalipun dengan hanya menanam pepohonan, membuang sampah pada tempatnya serta gotong royong membersihkan lingkungan disekitarnya.

References

Anita Nur Lailia. 2014. Gerakan Masyarakat Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup. Jurnal Politik Muda,

(3).

Asep Suhendri., Dewi Rahayu., Sindi Dwi K. 2019. Laporan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata. Program Studi Manajemen STIE Pelita Bangsa, Bekasi.

Ahmad Taufiq. 2014. Upaya Pemeliharaan Lingkungan Oleh Masyarakat Di Kampung Sukadaya Kabupaten Subang. Jurnal Gea, 14(2).

Bambang Sugianto. 2014. Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Tahun Pelajaran 2014/2015. Mojokerto: SMKN 1 Mojokerto.

Kelompok 28. 2020. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Universitas Muhammadiyah, Purworejo.

Khairuddin., Yamin, M., Syukur, A., Kusmiyati. 2019. Penyuluhan Tentang Upaya Pelestarian

Lingkungan Hidup Pada Siswa SMPN 3 Palibelo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Maretha, A., Ariwibowo, U., Ariani, I.H., dkk. 2019. Artikel Kuliah Kerja Nyata. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Purwanto. 2021. Penyuluhan Tentang Penghijauan Lingkungan Di Desa Klodran Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Jurnal Budimas, 3(1).

Riana Safitri., Gerry Rachmat. Studi Kelayakan Kayu Bekas Landasan Peti Kemas Sebagai Elemen Interior Lepas. Institut Seni Budaya Indonesia, Bandung.

Tahang, H., Arsyad, R. B., & Febriadi, I. (2019). Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengajaran Calistung bagi Warga Distrik Bamusbama, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat. Publikasi Pendidikan, 9(3), 195-199.

Zulkarnain S., Ihsan F., Febrianti R. Pengentasan Buta Aksara Melalui Pembelajaran Calistung Di Kampung Nanggou Distrik Sausapor Kabupaten Tambrauw Papua Barat. Universitas Muhammadiyah, Sorong.

Downloads

Published

2022-07-21

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)