Penanaman Pendidikan Moralitas dan Nilai Pancasila Anak Usia Dini dalam Perkembangan IPTEK
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.807Keywords:
Moral, Nilai, Pancasila.Abstract
Pendidikan moral sangat diperlukan untuk ditanamkan dalam usia dini. Pondasi moral anak-anak diera perkembangan media informasi yang global, banyak terdegredasi oleh pengaruh-pengaruh dari budaya luar yang sangat terasa dan mudah masuk melalui media digital dan informasi sosial seiring dengan perkembangan internet. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pendidikan tambahan serta pemahaman tentang pentingnya pendidikan moral yang berasaskan nilai-nilai pancasila bagi siswa di SD Muhammadiyah Makotyamsa distrik Myamuk Kabupaten Sorong. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penyuluhan bagi siswa dan guru sekolah dasar. Dalam rangka membentuk karakter siswa yang berdasarkan moral pancasila salah satu aspek yang dikembangkan ialah pendidikan nilai. Pendidikan nilai dan moral sejak usia dini diharapkan mampu membentuk siswa untuk mampu membedakan baik buruk, benar salah, sehingga anak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu pendidikan nilai-nilai moral pancasila. Pendidikan nilai moral dilakukan melalui beberapa pendekatan, yaitu; 1) Indokrinasi 2) Klarifikasi Nilai, 3) Teladan atau Contoh, 4.) Pembiasaan dalam perilaku baik diberikan melalui pendidikan formal maupun nonformal diharapkan mampu menciptakan rasa toleransi bagi anak dalam bermasyarakat.
References
Cheppy Haricahyono. 1995. Dimensi-Dimensi Pendidikan Moral. Semarang: IKIP Press.
Dwi Siswoyo dkk. 2005. Metode Pengembangan Moral Anak Prasekolah. Yogyakarta;
FIP UNY.
Fitriani. Amanatul, 2016. Pembentukan Moral PAncasila pada Anak Usia di Madrasah
Diniyah Nurus Salam Desa Kalongan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten
Semarang. Semarang; UNES.
Gautama, dkk. 2005. Mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik. Seminar dan Lokakarya Nasional 2005 Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta; UGM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License