Pendidikan Nilai-Nilai Sosial Budaya Lokal sebagai Upaya Menanamkan Toleransi pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i2.4452Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidikan nilai-nilai sosial budaya lokal dalam menanamkan sikap toleransi kepada siswa di SD Muhammadiyah 1 Kota Sorong. Dalam konteks masyarakat multikultural seperti Kota Sorong, pendidikan yang mengangkat kearifan lokal menjadi strategi penting dalam membentuk karakter peserta didik yang mampu hidup rukun dalam keberagaman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai sosial budaya lokal—seperti gotong royong, musyawarah, dan saling menghargai dalam kegiatan pembelajaran dan kehidupan sekolah berdampak positif terhadap peningkatan sikap toleransi siswa. Selain itu, dukungan guru, lingkungan sekolah, dan keterlibatan orang tua turut memperkuat internalisasi nilai-nilai tersebut. Dengan demikian, pendidikan berbasis budaya lokal efektif sebagai sarana membangun harmoni dan menghargai perbedaan sejak usia dini.
References
Daftar Pustaka
Afandi, A., Chamalah, E., & Wardani, D. K. (2017). Pengembangan pendidikan karakter melalui budaya sekolah dan pembelajaran. Pustaka Rizki Putra.
Aziz, S. A. (2018). Integrasi nilai-nilai lokal dalam pembelajaran untuk menumbuhkan sikap toleransi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 145–158. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21123
Fitriyani, L., & Sunarto. (2021). Pendidikan nilai dalam perspektif kearifan lokal: Membangun karakter bangsa melalui pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(3), 381–393. https://doi.org/10.24832/jpnk.v26i3.421
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Pembelajaran tematik terintegrasi. Kata Pena.
Lestari, R. A., & Hapsari, M. A. (2019). Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 67–76. https://doi.org/10.21009/jpd.101.08
Mulyasa, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter di sekolah. Remaja Rosdakarya.
Ningsih, D., & Wibowo, A. (2020). Pendidikan multikultural berbasis nilai budaya lokal dalam membentuk karakter toleran peserta didik. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 345–356. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30650
Nurhayati, E. (2017). Membangun toleransi melalui pendidikan karakter berbasis budaya lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 32(1), 12–20.
Susanto, H. (2021). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 45–52.
Yamin, M. (2015). Desain pembelajaran karakter: Konsep dan aplikasi. Gaung Persada Press.

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License