Pelatihan Produksi Djamoe Mace dan Strategi Pemasaran Produk di Kelurahan Matalamagi

Authors

  • Retno Dewi Wijiastuti UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG
  • Susetyowati Sofia Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Bekti Wiji Lestari Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nur Aeni Waly Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i2.1871

Keywords:

Pelatihan, Produksi Jamu, Strategi Pemasaran Produk

Abstract

Hasil perkebunan yang cukup melimpah seperti kunyit, jahe, sereh dan lainnya, dapat meningkatkan pertumbuhan  perekonomian masyarakat. Namun masyarakat setempat terutama para ibu rumah tangga belum memiliki ketrampilan dan pengetahuan dalam memanfaatkan bahan tersebut menjadi produk yang memiliki nilai jual dan strategi dalam memasarkan produk tersebut. Peserta kegiatan pelatihan adalah para ibu rumah tangga di kelurahan Matalamagi sebanyak 21 orang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dengan cara menyampaikan  materi, praktik langsung membuat jamu dari bahan seperti kunyit, jahe, sereh, dilanjutkan dengan diskusi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta mampu  mempraktikan produksi jamu  dan memahami hal –hal yang  terkait pemasaran dari sisi produk, penetapan harga, kemasan yang menarik, merek, distribusi, dan tempat untuk memasarkan.

References

Biofarmaka IPB (2013). Quality of Herbal Medicine Plants and Traditional Medicine. http://biofarmaka.ipbac.id/brc-news/brc-article/587-quality-of-herbal-medicine-plants-and-traditional-medicine-2013

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller (2016). Marketing Management 15 th Edition. Pearson Education, Inc.

Lingga, H.N, Fadilaturrahmah, E.S (2018). Pelatihan Pembuatan Jamu Instan Sebagai Diversifikasi Produk Pengrajin Jamu di Kampung Pejabat Kelurahan Loktabat Selatan Banjarbaru. Jurnal Medite, 3(1), hal. 1-4.

Syafi’i (2019). Pemasaran Jamu Menggunakan Kemasan Praktis Siap Minum dengan Branding Tren Masa Kini. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1 (1), hal 35-41

Downloads

Published

2022-07-21

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)