Pengembangan Santripreneur Melalui Pelatihan Strategi Pemasaran Di Pondok Modern Al-Ghuroba Sorong
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v5i2.2578Keywords:
Product Strategy, Price Strategy, Promotion Strategy, Place StrategyAbstract
Pelatihan dengan tema pengembangan santripreneur melalui pelatihan strategi pemasaran bolu kukus ubi ungu di Pondok Modern Al-Ghuroba Sorong. Pondok Pesantren Al-Ghuroba terletak di Sarana Pemukiman 2 (SP 2) Kabupaten Sorong. Pemberian wawasan kepada para santriwati untuk saat ini diperlukan, sehingga nantinya para santriwatri lebih kreatif dan menciptakan usaha serta menjadi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Satriwati saat ini kurang adanya dorongan untuk berprofesi menjadi wirausahawan, baik dorongan dari dalam diri sendiri dan dorongan dari luar. Satriwati belum melihat peluang yang ada, peluang dapat dikembangkan. Menggeluti profesi wirausaha harus selalu menciptakan sesuatu yang baru, maka harus terus melihat adanya peluang yang harus di kembangkandan harus terus berinovasi. Apalagi berhubungan dengan pemasaran, seorang pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) harus dapat memasarkan produk yang diproduksi sampai ketangan para pembeli dan calon konsumennya. Strategi pemasaran dapat diterapkan menggunakan bauran pemasaran. Penerapan bauran pemasaran melalui strategi produk, strategi harga, strategi promosi , dan strategi tempat dapat diterapkan pada pemasaran bolu kukus ubi ungu. Diharapkan dengan adanya pelatihan tentang strategi pemasaran para satriwatri memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik untuk terjun menjadi pelaku usaha dan nantinya dapat menggurangi tingkat penggaguran disekitarnya.
References
Aisyah, S. S. (2018). Strategi Tahfidzul Quran Pada Santriwati Di Pondok Yatim Istanbul Baba Murat Korkmaz Aceh Besar. Bitkom Research, 63(2), 1–3. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom.
Fachrurrozie, Mukhibad, H., Nurkhin, A., Hobar, A., & Sari, P. N. (2021). Peningkatan Literasi Bisnis Digital dan Literasi Keuangan. Jurnal Implementasi, 1(1), 41–47.
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7785.
Halmina, Karimuna, L., & Hermanto. (2020). Uji Organoleptik Dan Kandungan Gizi Bolu Kukus Dengan Substitusi Tepung Biji Nangka (Artocarpus Heterophyllus) Dan Penambahan Bubur Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus (Web.) Britton & Rose) Sebagai Pewarna Alami. J. Sains Dan Teknologi Pangan (JSTP), 5(4), 3055. https://ojs.uho.ac.id/index.php/jstp/article/download/14518/10054.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146. https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/172/156.
Iisnawati, Achmad Widad, D. Y. (2018). Strategi Pemasaran Dengan Teknologi Digital. 985–990.https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAQQw7AJahcKEwiQ ubUm8v8AhUAAAAAHQAAAAAQAg&url=https%3A%2F%2Fejournal.unsri.ac.id%2Findex.php%2Fjpsriwijaya%2Farticle%2Fdownload%2F12426%2F5656&psig=AOvVaw2pOWbd4VT0VgrQTtM.
Santoso, W. E. A., & Estiasih, T. (2014). Kopigmentasi Ubi Jalar Ungu dengan Kopigmen Na-Kasienat dan Protein Whey serta Stabilitasnya Terhadap Pemanasan. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 2(4), 121–122. https://ojs.uho.ac.id/index.php/jstp/article/download/14518/10054.
Selang, C. A. . (2016). Bauran Pemasaran ( Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado Oleh: Christian A.D Selang. Jurnal EMBA, 1(3), 71–80. https://media.neliti.com/media/publications/1521-ID-bauran-pemasaran-marketing-mix-pengaruhnya-terhadap-loyalitas-konsumen-pada-fres.pdf.
Suaidy, H. (2017). Analisis Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Kota Sorong Tahun 2013-2016. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 81. https://doi.org/10.33506/jn.v2i2.34.
Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318.
Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. CCIT Journal, 5(2), 174–185. https://doi.org/10.33050/ccit.v5i2.149.
Wibowo, D. H. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo ). 29(1), 59–66.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License