Pengembangan Santripreneur Melalui Pelatihan Strategi Pemasaran Di Pondok Modern Al-Ghuroba Sorong

Authors

  • Susetyowati Sofia Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Digor Mufti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Villa Maharani Aslim Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Mirawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nadila Nur Asti Muhite Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Fehmi Debrianti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Efi Sugiati Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v5i2.2578

Keywords:

Product Strategy, Price Strategy, Promotion Strategy, Place Strategy

Abstract

Pelatihan dengan tema pengembangan santripreneur melalui pelatihan strategi pemasaran bolu kukus ubi ungu di Pondok Modern Al-Ghuroba Sorong. Pondok Pesantren Al-Ghuroba terletak di Sarana Pemukiman 2 (SP 2) Kabupaten Sorong. Pemberian wawasan kepada para santriwati untuk saat ini diperlukan, sehingga nantinya para santriwatri lebih kreatif dan menciptakan usaha serta menjadi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).  Satriwati saat ini kurang adanya dorongan untuk berprofesi menjadi wirausahawan, baik dorongan dari dalam diri sendiri dan dorongan dari luar. Satriwati belum melihat peluang yang ada, peluang dapat dikembangkan. Menggeluti profesi wirausaha harus selalu menciptakan sesuatu yang baru, maka harus terus melihat adanya peluang yang harus di kembangkandan harus terus berinovasi. Apalagi berhubungan dengan pemasaran, seorang pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) harus dapat memasarkan produk yang diproduksi sampai ketangan para pembeli dan calon konsumennya.  Strategi pemasaran dapat diterapkan menggunakan bauran pemasaran. Penerapan bauran pemasaran melalui strategi produk, strategi harga, strategi promosi , dan strategi tempat dapat diterapkan pada pemasaran bolu kukus ubi ungu. Diharapkan dengan adanya pelatihan tentang strategi pemasaran para satriwatri memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik untuk terjun menjadi pelaku usaha dan nantinya dapat menggurangi tingkat penggaguran disekitarnya.

Author Biography

Susetyowati Sofia, Universitas Muhammadiyah Sorong

Ekonomi Managemen

References

Aisyah, S. S. (2018). Strategi Tahfidzul Quran Pada Santriwati Di Pondok Yatim Istanbul Baba Murat Korkmaz Aceh Besar. Bitkom Research, 63(2), 1–3. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom.

Fachrurrozie, Mukhibad, H., Nurkhin, A., Hobar, A., & Sari, P. N. (2021). Peningkatan Literasi Bisnis Digital dan Literasi Keuangan. Jurnal Implementasi, 1(1), 41–47.

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7785.

Halmina, Karimuna, L., & Hermanto. (2020). Uji Organoleptik Dan Kandungan Gizi Bolu Kukus Dengan Substitusi Tepung Biji Nangka (Artocarpus Heterophyllus) Dan Penambahan Bubur Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus (Web.) Britton & Rose) Sebagai Pewarna Alami. J. Sains Dan Teknologi Pangan (JSTP), 5(4), 3055. https://ojs.uho.ac.id/index.php/jstp/article/download/14518/10054.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146. https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/172/156.

Iisnawati, Achmad Widad, D. Y. (2018). Strategi Pemasaran Dengan Teknologi Digital. 985–990.https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAQQw7AJahcKEwiQ ubUm8v8AhUAAAAAHQAAAAAQAg&url=https%3A%2F%2Fejournal.unsri.ac.id%2Findex.php%2Fjpsriwijaya%2Farticle%2Fdownload%2F12426%2F5656&psig=AOvVaw2pOWbd4VT0VgrQTtM.

Santoso, W. E. A., & Estiasih, T. (2014). Kopigmentasi Ubi Jalar Ungu dengan Kopigmen Na-Kasienat dan Protein Whey serta Stabilitasnya Terhadap Pemanasan. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 2(4), 121–122. https://ojs.uho.ac.id/index.php/jstp/article/download/14518/10054.

Selang, C. A. . (2016). Bauran Pemasaran ( Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado Oleh: Christian A.D Selang. Jurnal EMBA, 1(3), 71–80. https://media.neliti.com/media/publications/1521-ID-bauran-pemasaran-marketing-mix-pengaruhnya-terhadap-loyalitas-konsumen-pada-fres.pdf.

Suaidy, H. (2017). Analisis Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Kota Sorong Tahun 2013-2016. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 81. https://doi.org/10.33506/jn.v2i2.34.

Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318.

Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. CCIT Journal, 5(2), 174–185. https://doi.org/10.33050/ccit.v5i2.149.

Wibowo, D. H. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo ). 29(1), 59–66.

Published

2023-07-09

Issue

Section

Articles