Dampak Pelaksanaan MBKM Terhadap Literasi dan Numerasi di Desa Karangwangi Garut

Authors

  • Ria Kilala Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Supriadi Supriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Faida Musa’ad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nika Fetria Trisnawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rusdi Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i2.3521

Keywords:

literasi numerasi, pendidikan, kontribusi sosial

Abstract

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah bagian integral dari inisiatif Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menerapkan perspektif kebangsaan dan memperluas serta memperdalam pengetahuan akademis mahasiswa. Adanya program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini memberikan peluang kepada mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan baik dalam hal soft skill maupun hard skill. Pendidikan adalah kunci bagi Pembangunan yang berkelanjutan, Program Mahasiswa Merdeka ini menjadi wadah penting untuk menggali dampak penggunaan literasi dan numerasi pada perkembangan anak-anak di desa Karangwangi Garut. Program kontribusi sosial mahasiswa PMM Angkatan 3 di Garut merupakan contoh nyata bagaimana pentingnya literasi dan numerasi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun dampak dari implementasi program kontribusi sosial mahasiswa PMM Angkatan 3 ini dapat membawa dampak baik bagi anak-anak yang awalnya kurang dalam hal literasi dan numerasi menjadi lebih meningkat.

References

Anwar, Zakiyah, Andi Maryam, and Rizky Ekawaty Ahmad. 2022. “Analysis of the Influence of the Role of Parents Accompanying Children at Home Learning Activities During the Covid-19 Pandemic.” Proceedings of the 7th Progressive and Fun Education International Conference (PROFUNEDU 2022) 1(November 2019): 300–308. doi:10.2991/978-2-494069-71-8.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Eka, Marlinda Indah, Supriadi Supriadi, Sundari, Zakiyah Anwar, Faisal Eka Mahendra, Hidayani, and Rizky Ekawaty Ahmad. 2024. “Sosialisasi Literasi Guna Memberantas Buta Aksara Di SD Negeri O4 Tanjung Kasuari.” Abdimas: Papua Journal of Community Service 6(1): 31–34. doi:10.33506/pjcs.v6i1.3025.

Hijjayati, Zul, Muhammad Makki, and Itsna Oktaviyanti. 2022. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 Di SDN Sapit.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3b): 1435–43. doi:10.29303/jipp.v7i3b.774.

Jannah, Faridahtul, and Ani Sulianti. 2021. “Perspektif Mahasiswa Sebagai Agen Of Change Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” ASANKA: Journal of Social Science And Education 2(2): 181–93. doi:10.21154/asanka.v2i2.3193.

Latif Abdul. 2020. “Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 1(2): 107–15.

Mahendra, Faisal Eka, Supriadi Supriadi, Irna Rusani, Zakiyah Anwar, Hidayani Hidayani, and Nika Fetria Trisnawati. 2023. “Adaptasi Teknologi Dan Proses Administrasi Di SD Willibrodus Pada Program Kampus Mengajar.” Dst 3(1): 84–88. doi:10.47709/dst.v3i1.2658.

Mariamah; Suciyati; Hendrawan. 2021. “Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Jenis Kelamin.” TUNAS: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN DASAR 01(02): 17–19.

Nasrullah, Yufi Mohammad, Yasya Fauzan Wakila, Yuni Tri Lestari Surahman, Yusya Miksalmina, and Fatan Moch Dhiyauddin. 2022. “Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Program Kuliah Kerja Nyata Di Masa Pandemi Covid-19.” JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1): 7. doi:10.52434/jpm.v1i1.1790.

OECD. 2023. 1 PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.

Rusani, Irna, Hidayani, Supriadi, and Zakiyah Anwar. 2022. “Pendampingan Belajar Berhitung Siswa Sekolah Dasar Di Kelurahan Matawolot.” Abdimas: Papua Journal of Community Service 4(2): 58–60.

Supriadi, Supriadi., Zakiyah; Anwar, Hidayani; Hidayani, and Irna; Rusani. “ANALISIS SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI.” 4: 96–106.

Published

2024-07-13

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.