Dampak Pelaksanaan MBKM Terhadap Literasi dan Numerasi di Desa Karangwangi Garut
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i2.3521Keywords:
literasi numerasi, pendidikan, kontribusi sosialAbstract
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah bagian integral dari inisiatif Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menerapkan perspektif kebangsaan dan memperluas serta memperdalam pengetahuan akademis mahasiswa. Adanya program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini memberikan peluang kepada mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan baik dalam hal soft skill maupun hard skill. Pendidikan adalah kunci bagi Pembangunan yang berkelanjutan, Program Mahasiswa Merdeka ini menjadi wadah penting untuk menggali dampak penggunaan literasi dan numerasi pada perkembangan anak-anak di desa Karangwangi Garut. Program kontribusi sosial mahasiswa PMM Angkatan 3 di Garut merupakan contoh nyata bagaimana pentingnya literasi dan numerasi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun dampak dari implementasi program kontribusi sosial mahasiswa PMM Angkatan 3 ini dapat membawa dampak baik bagi anak-anak yang awalnya kurang dalam hal literasi dan numerasi menjadi lebih meningkat.
References
Anwar, Zakiyah, Andi Maryam, and Rizky Ekawaty Ahmad. 2022. “Analysis of the Influence of the Role of Parents Accompanying Children at Home Learning Activities During the Covid-19 Pandemic.” Proceedings of the 7th Progressive and Fun Education International Conference (PROFUNEDU 2022) 1(November 2019): 300–308. doi:10.2991/978-2-494069-71-8.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Eka, Marlinda Indah, Supriadi Supriadi, Sundari, Zakiyah Anwar, Faisal Eka Mahendra, Hidayani, and Rizky Ekawaty Ahmad. 2024. “Sosialisasi Literasi Guna Memberantas Buta Aksara Di SD Negeri O4 Tanjung Kasuari.” Abdimas: Papua Journal of Community Service 6(1): 31–34. doi:10.33506/pjcs.v6i1.3025.
Hijjayati, Zul, Muhammad Makki, and Itsna Oktaviyanti. 2022. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 Di SDN Sapit.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3b): 1435–43. doi:10.29303/jipp.v7i3b.774.
Jannah, Faridahtul, and Ani Sulianti. 2021. “Perspektif Mahasiswa Sebagai Agen Of Change Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” ASANKA: Journal of Social Science And Education 2(2): 181–93. doi:10.21154/asanka.v2i2.3193.
Latif Abdul. 2020. “Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 1(2): 107–15.
Mahendra, Faisal Eka, Supriadi Supriadi, Irna Rusani, Zakiyah Anwar, Hidayani Hidayani, and Nika Fetria Trisnawati. 2023. “Adaptasi Teknologi Dan Proses Administrasi Di SD Willibrodus Pada Program Kampus Mengajar.” Dst 3(1): 84–88. doi:10.47709/dst.v3i1.2658.
Mariamah; Suciyati; Hendrawan. 2021. “Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Jenis Kelamin.” TUNAS: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN DASAR 01(02): 17–19.
Nasrullah, Yufi Mohammad, Yasya Fauzan Wakila, Yuni Tri Lestari Surahman, Yusya Miksalmina, and Fatan Moch Dhiyauddin. 2022. “Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Program Kuliah Kerja Nyata Di Masa Pandemi Covid-19.” JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1): 7. doi:10.52434/jpm.v1i1.1790.
OECD. 2023. 1 PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.
Rusani, Irna, Hidayani, Supriadi, and Zakiyah Anwar. 2022. “Pendampingan Belajar Berhitung Siswa Sekolah Dasar Di Kelurahan Matawolot.” Abdimas: Papua Journal of Community Service 4(2): 58–60.
Supriadi, Supriadi., Zakiyah; Anwar, Hidayani; Hidayani, and Irna; Rusani. “ANALISIS SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI.” 4: 96–106.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License