Pendampingan Sosial Masyarakat Kokoda Tentang Makna “Torang Basodara†Antar Etnis Di Kota Sorong Dalam Perspektif Pendidikan Multikulturalisme
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i1.1290Keywords:
Komunitas Social, Etnis, MultikulturalismeAbstract
Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ceramah bervariasi dan dialog. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat Kokoda yang bermukim di Jalan Viktori Km 9 Sorong, Papua Barat. Hasil dari kegiatan ini adalah pencerahan tentang makna “torang basodara†antar suku di Papua Barat, harus ada kegiatan pendampingan yang harus dilakukan berulang kali melalui penataan kesadaran dan pola pikir generasi muda. di suku Kokoda. Hal menarik yang penulis temukan dalam kegiatan ini adalah tradisi “gelar tikar†sebagai cerita tradisional, menjadi wadah yang baik untuk membahas segala permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.
References
Ambarudin, R. I. (2016). Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius. Jurnal Civics, 13(1), 28-45.
Haryatmoko, (2010). Dominasi Penuh Muslihat, Akar Kekerasan dan Diskriminasi. Jakarta: Gramedia.
Ibrahim, R. (2008). Pendidikan Multikultural: Upaya Meminimalisir Konflik dalam Era Pluralitas Agama. El Tarbawi, 1(1), 115-127.
Jones. P. (2009). Pengantar Teori-teori Sosial. Jakarta: Buku Obor
Ujirahayu, I. P. (2016). Kerukunan Antar Suku dalam Masyarakat Multikulturalisme. Skripsi.UIN SUKA.
Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018, October). Pendidikan multikultural: penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 1, pp. 44-50).
Somantrie, H. (2011). Konflik dalam perspektif pendidikan multikultural. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 17(6), 660-672.
Wahid, B. (2016). Episode sosial Masyarakat Kokoda : catatan Masyarakat Maibo Kabupaten Sorong. sulutday.com
Wahid, B. (2017). " ALKITAB" TUMBUH DI ATAS " AL-QUR'AN"; (Cerita Lisan Orang Kokoda " Muslim Papua Tentang Agama Basudara) Academi.edu
Wahid. B. (2018). Raja Ampat: Petuanan, Risalah dan Kuasa Pulau-pulau. Yogyakarta: TAB-SaDaR Nusantara.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License