Pendampingan Sosial Masyarakat Kokoda Tentang Makna “Torang Basodara” Antar Etnis Di Kota Sorong Dalam Perspektif Pendidikan Multikulturalisme

Authors

  • Yuliana Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Bustamin Wahid Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Agil Saeni Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i1.1290

Keywords:

Komunitas Social, Etnis, Multikulturalisme

Abstract

Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ceramah bervariasi dan dialog. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat Kokoda yang bermukim di Jalan Viktori Km 9 Sorong, Papua Barat. Hasil dari kegiatan ini adalah pencerahan tentang makna “torang basodara†antar suku di Papua Barat, harus ada kegiatan pendampingan yang harus dilakukan berulang kali melalui penataan kesadaran dan pola pikir generasi muda. di suku Kokoda. Hal menarik yang penulis temukan dalam kegiatan ini adalah tradisi “gelar tikar†sebagai cerita tradisional, menjadi wadah yang baik untuk membahas segala permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.

References

Ambarudin, R. I. (2016). Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius. Jurnal Civics, 13(1), 28-45.

Haryatmoko, (2010). Dominasi Penuh Muslihat, Akar Kekerasan dan Diskriminasi. Jakarta: Gramedia.

Ibrahim, R. (2008). Pendidikan Multikultural: Upaya Meminimalisir Konflik dalam Era Pluralitas Agama. El Tarbawi, 1(1), 115-127.

Jones. P. (2009). Pengantar Teori-teori Sosial. Jakarta: Buku Obor

Ujirahayu, I. P. (2016). Kerukunan Antar Suku dalam Masyarakat Multikulturalisme. Skripsi.UIN SUKA.

Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018, October). Pendidikan multikultural: penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 1, pp. 44-50).

Somantrie, H. (2011). Konflik dalam perspektif pendidikan multikultural. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 17(6), 660-672.

Wahid, B. (2016). Episode sosial Masyarakat Kokoda : catatan Masyarakat Maibo Kabupaten Sorong. sulutday.com

Wahid, B. (2017). " ALKITAB" TUMBUH DI ATAS " AL-QUR'AN"; (Cerita Lisan Orang Kokoda " Muslim Papua Tentang Agama Basudara) Academi.edu

Wahid. B. (2018). Raja Ampat: Petuanan, Risalah dan Kuasa Pulau-pulau. Yogyakarta: TAB-SaDaR Nusantara.

Downloads

Published

2021-06-07

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)