EVALUASI TINGKAT KEBISINGAN DAN PENCAHAYAAN PADA RUANG PERKULIAHAN GEDUNG 5 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG

Authors

  • Masniar Masniar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Khalil Amrullah Nasrun Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v5i1.1517

Keywords:

Standar Baku Mutu, Ruang Perkuliahan, Evaluasi Kebisingan dan Pencahayaan

Abstract

Ruang perkuliahan merupakan salah satu unsur penting dalam melaksanakan proses perkuliahan, ruang perkuliahan menjadi tempat berlangsungnya proses perkuliahan antara dosen dengan mahasiswa, oleh karena itu ruang perkuliahan tersebut harus dirancang sedemikian rupa agar proses perkuliahan yang berlangsung antara dosen dengan mahasiswa dapat berjalan dengan semaksimal mungkin. Gedung 5 merupakan salah satu dari 6 gedung perkuliahan yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Sorong. Sebagai penunjang dalam proses perkuliahan, fasilitas dan lingkungan sekitar gedung 5 Universitas Muhammadiyah Sorong harus di desain agar nyaman dan aman selama manusia melaksanakan aktivitas perkuliahan di tempat tersebut. Evaluasi tingkat kebisingan dan pencahayaan dilakukan berdasarkan metode yang telah di tetapkan. Setelah di dapatkan data hasil pengukuran pada tiap-tiap titik pengukuran pada lokasi penelitian, maka peneliti melakukan pengolahan dan analisis data. Hasil dari analisis data tersebut akan dibandingkan dengan regulasi yang ada yaitu Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor : KEP-48/MENLH/11/1996 untuk tingkat kebisingan dan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1429/MENKES/SK/XII/2006 untuk pencahayaan. Dari hasil evaluasi yang dilakukan, diperoleh hasil pengukuran tingkat kebisingan di ketahui telah Melewati Nilai Ambang Batas. Sedangkan untuk hasil pengukuran pencahayaan diketahui hanya 5 dari 12 ruangan yang telah memenuhi Standar Minimal Pencahayaan.

References

Ahmad, F., Handayani, I. D., & Nurweni, S. (2017). Analisis Tingkat Kebisingan Terhadap Aktifitas Belajar Mengajar Di Fakultas Teknik Unversitas Semarang. Semarang: Fakultas Teknik, Universitas Semarang.

Badan Standarisasi. (2004). SNI 16-7062-2004

.Pengukuran Intesitas Penerangan di Tempat Kerja.

Cahyantari, L., Dina H, R., & Supriyadi, B. (2016). Analisis intensitas pencahayaan di ruang kuliah gedung fisika universitas jember dengan menggunakan calculux indoor 5.0b. Jember: Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember .

Havif JH, I., & Anto, B. (2017). Evalusi Kualitas Pencahayaan Pada Ruang Perkuliahan Gedung C Fakultas Teknik Universitas Riau. Riau: Jurusan Teknik Elektro Universitas Riau.

Jusnah, F. R. (2018). Evaluasi Ergonomi Lingkungan Kerja Di Terminal Kedatangan Pada Bandar Udara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong. Sorong: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sorong.

Justian, A. (2012). Analisis Pengaruh Kebisingan Terhadap Performa Siswa Sekolah Dasar Di Ruang Kelas. Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2006). Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1429/MENKES/SK/XII2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah.

Kementrian Lingkungan hidup Republik Indonesia. (1996). Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 48 Tahun 1996 Tentang Baku Mutu Tingkat Kebisingan.

Metawati, N., Busono, T., & Siswoyo, S. (2013). Evaluasi Pemenuhan Standar Tingkat Kebisingan Kelas Di Smpn 23 Bandung. Bandung: Program Studi Pendidikan Teknik Arsitektur FPTK Universitas Pendidikan Indonesia.

Poerwanto, E. Evaluasi Faktor Kebisingan Ruang Kuliah Di STTA pada Gedung Halim Perdana Kusuma Dan Abdurahman Saleh. Yogyakarta: Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto.

Pristianto, H. Analisa Kebisingan Akibat Aktifitas Transportasi Di Jalan Ahmad Yani Kota Sorong. Sorong: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sorong.

Ramadhani, A. F. (2012). Analisis Tingkat Pencahayaan Dan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pekerja Di Area Produksi Pelumas Jakarta PT Pertamina (Persero). Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Ruth, E. (2010). Analisa Tingkat Kebisingan Sekolah Di Sekitar Bandar Udara Internasional Soekarno-hatta Akibat Pesawat Yang Melintas (Studi Kasus Smp Padindi, Kamal, Kalideres). Depok: Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Sakdiah, S. (2008). Gambaran Tingkat pencahayaan Dan Keluhan Subjektif Kelelahan Mata Pada Karyawan Rumah Sakit Ananda Bekasi. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Sihite, W. L., Chahaya, I., & Dharma, S. (2013). Analisa Tingkat Kebisingan Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Medan Baru Dan Kecamatan Medan Petisah. Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Wibowo, R., Kindangen, J. I., & Sangkertadi. SISTEM PENCAHAYAAN ALAMI DAN BUATAN DI RUANG KELAS SEKOLAH DASAR DI KAWASAN PERKOTAAN.

Manado: Program Studi Arsitektur Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi.

Downloads

Published

15-03-2019

How to Cite

Masniar, M., & Nasrun, K. A. (2019). EVALUASI TINGKAT KEBISINGAN DAN PENCAHAYAAN PADA RUANG PERKULIAHAN GEDUNG 5 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG. Metode : Jurnal Teknik Industri, 5(1), 15–20. https://doi.org/10.33506/mt.v5i1.1517

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>