Analisis Pengaruh Pencahayaan Temperatur Terhadap Kenyamanan Ruang Belajar Universitas Muhammadiyah Sorong

Authors

  • Sanny Hahury Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Aldi Rifaldi Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v4i2.1460

Keywords:

Pengaruh Pencahayaan, Temperatur, Kenyamanan

Abstract

Manusia pada dasarnya memerlukan cahaya untuk melihat objek secara visual. Cahaya yang dipantulkan oleh objek-objek tersebutlah maka kita dapat melihatnya secara jelas dan mata nyaman untuk melihat. Ruang kelas yang baik adalah ruang kelas yang nyaman untuk melakukan suatu belajar. Kenyamanan visual dapat tercapai jika poin-poin kenyamanan visual teraplikasikan secara optimal antara lain dengan kesesuaian rancangan dengan standar terang yang direkomendasikan dan penataan layout ruangan yang sesuai dengan distribusi pencahayaan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode gabungan (kualitatif dan kuantitatif) dan pengolahan data atau analisa data menggunakan metode Regresi Berganda, digunakan untuk menganalisa pencahayaan untuk kenyamanan visual pada pengguna Universitas Muhammadiyah Sorong. Metode komparatif membandingkan hasil kuesioner, hasil pengukuran intensitas cahaya dan standart SNI. Hasil dari penelitian ini, berdasarkan pengukuran intensitas cahaya ruangan dan respon dari pengguna ruang dari kuesioner.

References

Andarini D. Listianti, N. (2017). Evaluasi intensitas pencahayaan (illumination level) pada perpustakaan di lingkungan Universitas Sriwijaya. [jurnal]. Universitas Sriwijaya.

Baharuddin. Ishak M, T. beddu S. Yahya M. kenyamanan termal gedung kuliah bersama kampus baru fakultas teknik Universitas Hasanuddin. [jurnal]. Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin.

Hahury, S., (2012). Kinerja pengemudi di Tinjau dari Ergonomika Fisik dan Lingkungan. [Thesis]. Jurusan Teknik Industri dan Mesin Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Hamzah B. Mulyadi R. Amin S. (2016). Analisis Kenyamanan Termal Ruang Kelas Sekolah Dasar di Kota Makasar. [jurnal], Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin Makasar.

http://e-journal.uajy.ac.id/11074/4/3MTA02242.pdf/Konsep tentang kenyamanan (comfort) Menurut Katharine Kolcaba (Kolcaba, 2003) html diakses pada tanggal (15 Februari).

Indah Pratiwi. (2013). Pengaruh Pencahayaan, Kebisingan dan Temperatur Terhadap Performasi Kerja. [jurnal], Jurusan Teknik Industri – Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Komariah, A. Handoyo. Lestari M, S. (2016). Pengaruh suhu dan intensitas cahaya terhadap waktu penyelesaian target pekerjaan perakitan. [jurnal]. Sukoharjo. Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Lamhot, A., Manullang, E., Evaluasi Pencahayaan, Kebisingan, Temperatur dan Getaran Pada Line 3 PT. South Pasific Viscose [jurnal], Semarang, Program Studi Teknik Industri, Universitas Diponegoro Semarang.

Lina S, Farida. (2010). Analisis Regresi Linier Berganda dengan Heteroskedasitas Melalui Pendekatan Weight Least Square [jurnal], Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negri Syarif Hidayatulla Jakarta.

Nugroho E., D,. Hengki. (2009). Pengaruh Intensitas Penerangan Terhadap Kelelahan Mata pada Tenaga Kerja di Laboratorium PT. Polypet Karyapersada Cilegon [skripsi] Program Diploma IV Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Matondang Zulkifli (2009) Validasi dan Reabilitas Suatu Instrumen Penelitian [jurnal] Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FT dan Pascasarjana Unimed.

Pertiwi. A, P. Gunawan A, N. (2016). Pengaruh kenyamanan visual melalui pencahayaan buatan pada masjid syamsul ulum Universitas Telkom, Bandung. [jurnal]. Program Studi Desain Interior Universitas Telkom.

Sudjana, 2006. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Wahyudien, M. A. N. (2017). Analisa Pemahaman, Presepsi dan Sikap Masyarakat terhadap Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan Metode SEM (Structural Equation Modelling) Studi Kasus di Distrik Salawati Kabupaten Sorong. [skripsi]. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Sorong: Sorong.

Widiastuti, H, Hayuningtyas. (2015). Analisis Pengaruh Kenyamanan dan Keamanan terhadap Kepercayaan dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian [jurnal], Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Downloads

Published

19-10-2018

How to Cite

Hahury, S., & Rifaldi, A. (2018). Analisis Pengaruh Pencahayaan Temperatur Terhadap Kenyamanan Ruang Belajar Universitas Muhammadiyah Sorong. Metode : Jurnal Teknik Industri, 4(2), 60–68. https://doi.org/10.33506/mt.v4i2.1460

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>