EVALUASI TINGKAT KEBISINGAN DAN TEMPRATUR PADA LINGKUNGAN KERJA KARYAWAN BANK SAMPAH (YAYASAN MISOOL BASEFTIN)

Authors

  • Irman Amri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sanny Hahury Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Oskar Wiratraur Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v6i1.1637

Keywords:

Kebisingan, Temperatur, Lingkungan Kerja, Bank Sampah

Abstract

Bank Sampah Misool Baseftin adalah Bank Sampah Yang bergerak dibidang pengolahan sampah kering seperti plastik, karton, kertas dan kaca yang beralamat di Jl Makbon Km 12 Kota Sorong. Bank sampah mempunyai 3 mesin frisse yang ditemptkan pada salah satu ruangan, yang berdekatan dengan salah satu ruangan produksi pengepresan yang menimbulkan suara dengan tingkat kebisingan yang cukup keras sehingga, hal ini dapat mempengaruhi gangguan kesehatan dan kenyamanan di tempat kerja, selama karyawan Bank Sampah melakukan aktivitas. Analisis perhitungan berdasarkan keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor : KEP-48/MENLH/11/1996 Tentang Baku Tingkat Kebisingan Menteri Negara Lingkungan Hidup. Sedangkan untuk temperatur akan mengacu pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor : KEP-51/MEN/1999 Tentgang Nilai Ambang Batas Faktor Fisika Di Tempat Kerja Menteri Tenaga Kerja. Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan dan temperature pada Bank Sampah Yayasan Misool Baseftin. Hasil penelitian Evaluasi di ketahui bahwa tingkat kebisingan di bank sampah yayasan misool baseftin melewati nilai ambang batas, yaitu sebesar 74,3 (dB) dan pengukuran temperatur di ketahui melebihi nilai ambang batas yaitu sebesar 31.78 ℃,sehingga disarankan agar pada ruangan produksi tersebut harus diberikan alat pengaman yaitu ear plug bagi karyawan yang bekerja.

References

Adriani, k. w. Hubungan Umur Kebisingan dan Temperatur Udara Dengan Kelelahan Subjektif Individu di PT. X Jakarta.

Ergonomics Of The Thermal Environment - Determination Of Metabolic Rate INTERNATIONAL STANDARD ISO 8996 2004.

Febrianti, Y. (2007). Analisis Pengaruh Temperatur dan Kebisingan Terhadap Kerja Sistem Cardiovascular Operator Produksi.

Jusnah, f. r. (2018). Evaluasi Ergonomi Lingkungan Kerja di Terminal Kedatangan Pada Bandar Udara Domine Eduard Osok (deo) Sorong.

Keputusan Mentri Negara Lingkungan Hidup Nomor 48 tahun 1996 Tentang Baku Mutu Tingkat kebisingan Mentri Negara Lingkungan Hidup.

Keputusan Mentri Tenaga Kerja Nomor Kep - 51/ Men/1999 Tentang nilai Ambang Batas Faktor Fisikal di Tempat Kerja.

Linda, r, Md. Mph. Occupational Noise Exposure Revised Criteria 1998.

Prima Fitri, i. Q. (2015). Analisis Intensitas Kebisingan Lingkungan Kerja Pada Area Utilities Unit PLTD dan Boiler di PT. Pertamina RU II Dumai.

Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016 Tentang Standar dan Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Industri.

Sari, r. p. (2010). Pengaruh Intensitas Kebisingan Terhadap Kelelahan Kerja Pada Tenaga Kerja Bagian Screening CV. Mekar Sari Wonosari Klaten.

Downloads

Published

19-03-2020

How to Cite

Amri, I., Hahury, S., & Wiratraur, O. (2020). EVALUASI TINGKAT KEBISINGAN DAN TEMPRATUR PADA LINGKUNGAN KERJA KARYAWAN BANK SAMPAH (YAYASAN MISOOL BASEFTIN). Metode : Jurnal Teknik Industri, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.33506/mt.v6i1.1637

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>