ANALISIS PRA PENDIRIAN USAHA CAKE FISH BALL DENGAN PENDEKATAN STUDY KELAYAKAN BISNIS

Authors

  • Tamrin Tajuddin Universitas Muhammadiyah sorong
  • Irman Amri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Moch Wahyu Umar Sahid Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v5i2.1620

Keywords:

Aspek pemasaran, aspek teknis dan telekomunikasi, aspek manajemen, aspek hukum, aspek keuangan (NPV, IRR, PI, PP, BEP)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kelayakan bisnis pada Kuliner Cake Fish Ball yang ditinjau dari aspek internal, yakni aspek pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen, aspek sumber daya manusia, dan aspek finansial. Metode yang digunakan adalah metode survei. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi sampling. Teknik analisis data melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif dibutuhkan untuk aspek non finansial, dan kuantitatif dibutuhkan untuk aspek finansial dan aspek pemasaran melalui bantuan komputer program Microsoft Excel. Berdasarkan penelitian dari aspek pemasaran sertas aspek teknis dan teknologi usaha Cake Fish Ball layak untuk dijalankan, sedangkan dari aspek manajemen dan aspek sumber daya manusia masih layak, di perlukan peningkatan system manejerial untuk kelangsungan usaha dalam waktu Panjang. Hasil analisis aspek finansial melalui metode penilaian investasi layak untuk dijalankan berdasarkan perhitungan PP (Payback Period) 3.96 bulan, elebih singkat dari maksimum payback periodnya yaitu 5 tahun. Nilai NPV (Net Present Value) = Rp 609,363,604 > Rp 162,220,420. Hasil nilai IRR (Internal Rate of Return) 45,44% > nilai bunga yang berlaku yakni 10%. Hasil analisis BEP (Break Even Point) volume produksi dan penjualan 15,127 pcs pertahun ataun dengan harga jual seharga sebesar Rp  18,979 per pcs. Dari hasil data penelitian dan data hitungan dapat di simpulkan bahwa usaha kue Cake Fish Ball dengan isian ikan tuna layak didirikan dikota Sorong terhadap analisis kelayakan bisnis mempunyai aspek penting yang telah di uji dan layak.

References

Burhanudin, Yusuf. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Dr. Sulianto. 2010.Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Gitosudarmo, Indriyo. 2005. Pengantar Bisnis. Badan penerbit Fakultas Ekonomi (BPFE) Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Tim Penyusun. 2014 Pedoman Penulisan Tugas Akhir Bagi Mahasiswa Fakultas Teknik. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Sorong.

Suparmoko. 1997. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi (BPFE) Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Suratman. 2001. Studi Kelayakan Proyek Teknik dan Prosedur Penyusunan Laporan. J & J Learning. Yogyakarta.

Simatupang, Richard Burton. 2003. Aspek Hukum dalam Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta.

Swastha, Benny, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Yuli Yana, 2007. 10 manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan di https://manfaat.co.id/manfaat-ikan-tuna

Downloads

Published

20-10-2019

How to Cite

Tajuddin, T., Amri, I., & Sahid, M. W. U. (2019). ANALISIS PRA PENDIRIAN USAHA CAKE FISH BALL DENGAN PENDEKATAN STUDY KELAYAKAN BISNIS. Metode : Jurnal Teknik Industri, 5(2), 58–64. https://doi.org/10.33506/mt.v5i2.1620

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>