ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN MATERIAL PADA PT PLN (Persero) UP3 SORONG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ)

Authors

  • Irman Amri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sanny Hahury Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Indra Juliant Leimena Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v6i1.1636

Keywords:

Economic Order Quantity, Safety Stock, Reorder Point

Abstract

Pengendalian persediaan sangat dibutuhkan dalam manejemen suatu perusahaaan, hal tersebut dilakukan untuk mengefisiensikan waktu, biaya serta bahan baku yang ada agar tidak terjadi overstock dan understock. Pada gudang PT. PLN ( Persero ) Sorong terdapat material yang mengalami penumpukan yaitu tiang listrik tipe 9 dan 12 meter, hal ini terjadi karena adanya keidakseimbangan antara jumlah persediaan material dan pemakaian di lapangan. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan jumlah metarial guna menghindari overstock ataupun understock yang dapat meningkatkan biaya pemeliharaan dan penyimpanan material. Penelitian ini menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) untuk menganalisis pengendalian persediaan material antara menggunaakan kebijakan perusahaan dengan EOQ. Analisis perhitungan EOQ dilanjutkan dengan menganalisis safety stock, reorder point dan total inventory cost. Hasil penelitian dengan menggunakan metode EOQ adalah Selisih perbandingan biaya antara kebijakan perusahaan yang jauh lebih besar dibanding dengan menggunakan metode EOQ dengan jumlah safety stock 220 unit untuk tiang 9 meter dan 320 unit untuk tiang 12 meter dan ROP 472 Unit untuk tiang 9 meter 531 unit untuk tiang 12 meter, sedanglan TIC menggunakan metode EOQ sebesar 5.457.117.174 jauh lebih kecil dibanding kebijakan persahaan dengan selisih Rp. 389.912.860. Maka dapat disimpulkan bahwa perhitungan dengan menggunanakan metode EOQ lebih efisien dibanding dengan kebijakan perusahaan.

References

Anggriani, I. (2016). Analisis perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantitiy (EOQ) Pada CV. Maju Mapan Lestari Palembang. .

Arman Hakim Nasution, Y. P. (2008). M. Eng, ST. In Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Surabaya: Graha Ilmu.

Arman Hakim Nasution, Y. P. (2008). M.Eng, ST. Surabaya: 2008.

Darman. (2017). Analisis Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Spare Part di Bengkel PT. Bosowa Berlian MotorMenggunakan metode EOQ. .

Sunerdi, Y. (2010). Analisis Manajemen Persediaan Dengan Metode EOQ Pada Optimalisasi Persediaan Bahan Baku Kain di PT. New Suburtex .

Susanto, B. (2009). Analisis Pengendalian Persediaan Air Mineral Menggunakan Metode EOQ .

Umi Kaltum, U. W. (2016). Pengendalian Persediaan Slow moving Item PT. PLN (persero) Area Bandung. .

Downloads

Published

19-03-2020

How to Cite

Amri, I., Hahury, S., & Leimena, I. J. (2020). ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN MATERIAL PADA PT PLN (Persero) UP3 SORONG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ). Metode : Jurnal Teknik Industri, 6(1), 6–12. https://doi.org/10.33506/mt.v6i1.1636

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>