ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAN SPARE PART SEPEDA MOTOR DENGAN MENGUNAKAAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA AHASS NURWAHIDAH MOTOR

Authors

  • Sanny Hahury Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ady Fathuroji Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v5i1.1518

Keywords:

Spare Part, Motor, Pemesanan, Break Shoe, Break Pad, Oli MPS 2.

Abstract

AHHAS NURWAIDDAH MOTOR merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang servis kendaraan bermotor roda dua merek Honda di Kota Sorong. Ahhas Nurwaiddah Motor juga merupakan salah satu industri yang bergerak dibidang penjualan spare part dan servis utamanya pada kendaraan bermotor roda dua merek Honda. Dengan adanya perusahaan ini cukup membantu perekonomiaan masyarakat dikota Sorong baik perawatan dan penyediaan alat-alat spare part motor. Namun belakangan ini sering terjadi kelebihan maupun kekurangan spare part sehingga konsumen harus menunggu pemesanan spare part dari pusat untuk ketika stok tidak ada. Hal ini disebabkan karena pengendalian persediaan yang kurang optimal sehingga ada beberapa jenis spare part yang sering kosong sebelum pemesanan datang. Dengan ini penulis melakukan penelitian yang berjidul “Analisis Pengendalian Persediaan Spare Part Sepeda Motor dengan Menggunakan Metode Economic Oeder Quantity (EOQ)†untuk mengoptimalkan persediaan spare part di Ahhas Nurwaiddah Motor dengan berdasarkan data-data penjualan spare part dari tahun sebelumnya. Dengan metode EOQ dan berdasarkan data-data penjualan tahun sebelumnya, data mengetahui beberapa jumlah pemesanan yang ekonomis pada persediaan spare part dan kapan harus melakukan pemesanan yang tepat dan dengan metode ini dapat memberikan solusi pada persediaan spare part di Ahhas Nurwaiddah Motor.

References

Noor, A., Ahmad, M. 2017. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity Dan Kanban Pada PT. Adyawinsa Stamping Industries. [Jurnal] Yogyakarta: Unversitas Pembangunan Nasional Veteran.

Darman. 2017. Analisis Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Spere Part Di Bengkel PT. Bosowa Berlian Motor Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ). [Skripsi]. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Sorong: Sorong.

Indroprasto, Erna, S.2012. Analisis Pengendalian Persediaan Produk dengan Metode EOQ Menggunakan Algoritma Genetika untuk Mengefisiensikan Biaya Persediaan. [JURNAL] Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Siti, N.2012. Analisis Persediaan Solar Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada PT. Anugerah Bara Kaltim. [JURNAL] Samarinda: Politeknik Negeri Samarinda

Nasution, A, H., .1999. Perencanaan Dan Pengendalian Persediaan. Teknik industri- ITS. Surabaya

Nasution, A, H. 1999. PerencanaanDan Pengendalian Produkksi. Teknik industri- ITS. Surabaya

Rachmadhani, M, M. 2017. Analisis Pengendalian Persediaan Parts Alat Berat Katagori FAST MOVING Di PT. UNITED

TRACTORS TBK. Cabang Sorong. [SKRIPSI] Sorong, Progeram Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah.

Gessong. S.Y. 2001. Analisis Pengendalian Persediaan Pada Ud. Bintang Furniture Sanga Sanga. [J URNAL]Samarinda: Politeknik Negeri Samarinda.

Candra, Y., Topowijono., Nengah, S. 2016. Penerapan Model EOQ (Economic Order Quantity) dalam Rangka Meminimumkan Biaya Persediaan Bahan Baku (Studi Pada UD.[JURNAL] Sumber Rejo Kandangan-Kediri). Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Valerie, S. C. 2011. Perbandingan Metode EOQ (Economic Order Quantity) dan JIT (Just In Time) Terhadap Efisiensi Biaya Persediaan Dan Kinerja Non-Keuangan (Studi Kasus Pada PT. Indoto Tirta Mulia).[JURNAL] Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Erna, S.2012. Analisis Pengendalian persediaan Produk Dengan Metode EOQ Menggunakan Algoritma Genetik Untuk Mengefisiensikan Biaya Persediaan. [JURNAL] Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Downloads

Published

15-03-2019

How to Cite

Hahury, S., & Fathuroji, A. (2019). ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAN SPARE PART SEPEDA MOTOR DENGAN MENGUNAKAAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA AHASS NURWAHIDAH MOTOR. Metode : Jurnal Teknik Industri, 5(1), 21–28. https://doi.org/10.33506/mt.v5i1.1518

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>