Perbaikan Kualitas Bahan Baku Noken Kain Rumput Pada Sanggar Emeyedore Dengan Metode Palda

Authors

  • Masniar Masniar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irman Amri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Steven Awola Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v7i1.1649

Keywords:

Gkm, Metode Palda, PDCA

Abstract

Noken kain rumput merupakan karya seni yang berasal dari suku kokoda yang di kelola oleh sanggar emeyedore yang memanfaatkan daun pucuk sagu sebagai bahan pembuatan noken kain rumput. Namun saat proses merajut terdapat serat noken yang terputus. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor_faktor yang menyebabkan serat noken terputus saat proses merajut dan untuk mengetahui apakah dengan pendekatan palda ada perubahan pada kualitas bahan baku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model palda merupakan suatu konsep model analisis perbaikan mutu untuk GKM yang menuntut pelepasan dari kondisi manajemen tradisional menjadi kondisi manajemen industry yang di sesuaikan dengan kondisi IKM (industry kecil menengah) dalam strata paling bawah. Model palda adalah model gugus yang melakukan pemecahan masalah peningkatan mutu berpola manajemenâ€PDCA†dengan cara menggunakan daya NPK (naluri, pengalaman, keulatan) dengan empat langkah dan dua alat. kesimpulan dari penelitian ini penyebab terjadinya bahan noken mudah putus saat proses merajut adalah Manusia yang terlalu lama dalam mengucak bahan baku, Material yang dihasilkan terlalu halus, Alat pengukur suhu tidak ada, Metode penjemuran tidak digantung dan terurai, Lingkungan penjemuran suhu panas. Dari hasil pelaksanaan perbaikan menggunakan metode palda data yang diperoleh jumlah serat yang terputus ada 7 serat, dibandingkan dengan data sebelum perbaikan jumlah serat yang terputus 50 serat. bahan noken sudah berkualitas karena bahan yang digunakan lebih kasar dan kuat sehingga bahan noken tidak mudah putus.

References

Felix, O.B. (2019) Perbaikan Kualitas Usaha Bengkel Dengan Pendekatan Siklus PDCA. H.

Tamrin Tajuddin ST, MM. 2013. Manajemen kualitas dan kendali mutu. Sorong: UMS. Indonesia.

Departemen Perindustrian Jakarta. (2007). Direktoral Jenderal Industry Kecil Menengah.

Jefry subay (2011) Upaya Peningkatan Penjualan Kerajinan Ukiran Patung Ayari Dengan Menggunakan Metode Palda.

Muhammad, N.I. (2012) Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Processing Control (Spc) Pada Pt. Bosowa Media Grafika (Tribun Timur).

Saparudin, (2016) Analisis Penerapan Metode Palda Untuk Mengetahui KualitasProduksi Yang Terjadi Pada Percetakan Mawar Print.

Sandra, A.H. (2016) Analisis Pengendalian Kualitas Produk Keripik Pisang Puri Jaya Pada Pd. Puri Jaya Di Bandar Lampung

Venty, P.D. (2018). Quality Control Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Perusahaan Pada Perusahaan Pusat Oleh-Oleh Haji Dan Umroh Di Kawasan Religi Sunan Ampel Surabaya.

Downloads

Published

19-03-2021

How to Cite

Masniar, M., Amri, I., & Awola, S. (2021). Perbaikan Kualitas Bahan Baku Noken Kain Rumput Pada Sanggar Emeyedore Dengan Metode Palda. Metode : Jurnal Teknik Industri, 7(1), 35–41. https://doi.org/10.33506/mt.v7i1.1649

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>