ANALISIS UJI PETIK KERJA (WORK SAMPLING) PADA PROSES PRODUKSI KERIPIK KELADI KARMILA DI KOTA SORONG

Authors

  • Masniar Masniar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Susanti Asmuruf Universitas Muhamaadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v7i1.1650

Keywords:

Pengamatan, Operator, Waktu Siklus, Waktu Normal, Waktu Baku

Abstract

Sampling Pekerjaan (Work Sampling) merupakan teknik yang dapat digunakan untuk menghitung seberapa besar operator produktif atau tidak, sehingga pelaku usaha dapat melihat kualitas kerja operator dari hasil yang didapat menggunakan sampling pekerjaan. Penelitian ini ddapat dilakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung kepada operator yang akan diamati secara langsung pada operator yang bekerja di Keripik Keladi Karmila Kota Sorong. Tujuan dari pengamatan tersebut adalah untuk mengetahui tingkat produktifitas seorang karyawan dengan melihat beberapa faktor yaitu Waktu Siklus , Waktu Normal dan Waktu Baku dari operator tertentu yang akan diamati. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan pada kedua operator diketahui nilai Waktu Siklus yaitu 2,21 Menit, 8,4 Menit Waktu Normal dan 12,43 Menit Waktu Baku untuk operator satu dengan persentase produktif sebesar 95%. Sedangkan operator dua yaitu 2,24 Menit Waktu Siklus, 8,45 Menit Waktu Normal dan 12,58 Menit Waktu Baku dengan persentase produktif sebesar 96%.

References

Kusnandar, E., (2008). Pengukuran Dan Analisa Wakru Produktif Dan Waktu Tidak Produktif Group Leader Produksi Dengan Metode Work Sampling Pada Perusahaan Kontraktor Pertambangan. [Jurnal].Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Depok.

Amri, I., Rusdi, A., Pristianto, H., Mualifin, E, P., Soekarta, R., (2014). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Bagi Mahasiswa Fakultas Teknik.[Buku]. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sorong.

Alfaruqi, M, W., (2015). Pengukuran Waktu Kerja Karyawan Pada Proses Pembuatan Sepatu Di UD. Putri Diana Jombang.[Jurnal]. Program Studi Diploma III Jurusan Stastistika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Zulaeha, S., S, (2016) Pengukuran Waktu Kerja Baku Pada Proses Pembuatan Roti Fiphal Standard Working Time Measurement On Fiphal Bread Processing.[Jurnal]. Bogor. Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Ilmu Pangan Halal Universitas Djuanda.

Nabila, J., (2018). Perhitungan Standar Waktu Baku Kerja Produksi Pakaian Tidur Anak Pada PD. Anugrah Jaya.[Jurnal].Universitas Katolik Parahyangan Fakultas Ekonomi Program Sarjana Manajemen. Surabaya.

Widyawati, Yunita., (2018) Studi Gerak, Waktu Baku Dan Produktivitas Pekerja Pada Proses Produksi Shock Absorber (Studi Kasus PT. Kabaya Indonesia, Bekasi).[Jurnal]. Program Sarjana Alih Jenis Manajemen Departemen Manajemen Fakultas Eknonomi Dan Manajemen Institute Pertanian Bogor

Uji Petik Kerja (Work Sampling)

Widagdo, G, U., Analisis Perhitungan Waktu Baku Dengan Menggunakan Metode Jam Henti Pada Produk Pulley Di. CV. Putra Mandiri Jakarta. [Jurnal]. Teknik Industri Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Al Azhar Indonesia.

Masniar., Analisis Perancangan Uji Petik Kerja Dengan Menggunakan Metode Work Sampling.[Buku] Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Sorong

Downloads

Published

19-03-2021

How to Cite

Masniar, M., & Asmuruf, S. (2021). ANALISIS UJI PETIK KERJA (WORK SAMPLING) PADA PROSES PRODUKSI KERIPIK KELADI KARMILA DI KOTA SORONG. Metode : Jurnal Teknik Industri, 7(1), 42–49. https://doi.org/10.33506/mt.v7i1.1650

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>