ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA UMKM KRIPIK SINGKONG MENGGUNAKAN METODE SWOT

Authors

  • Masniar Masniar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Aprisa Rian Histiarini Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ari Nur Sucipto Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v8i1.1694

Keywords:

Strategi Pemasaran Kripik Singkong, Analisis SWOT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, untuk menyususn IFAS (Internal Factor Analysis Summer) dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Summer) dan untuk mengetahui strategi pemasaran pada Usaha Kripik Singkong Mbak Rini setelah di analisis dengan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Fenomena yang ada usaha tersebut menghadapi persaingan yang ketat ditandai dengan adanya usaha-usaha sejenis. Penelitian ini menggunakan medotode analis SWOT yaitu analisis yang mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal usaha. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan pembagian kuesioner kepada masyarakat Aimas Kabupaten Sorong yang berjumblah 100 orang. Hasil penelitian tersebut menunjukan nilai sebagai berikut: (1) hasil analisis IFAS adalah sebesar 7,00 dimana faktor yang paling kuat pada internal usaha adalah kelemahan pada desain kemasan. (2) Hasil analisis EFAS diperoleh skor 7,00 dimana faktor yang paling kuat pada eksternal usaha adalah peluang perusahaan artinya perlu mengoptimalkan peluang untuk meminimalisir ancaman yang ada. (3) hasil Matriks IE menunjukan posisi Usaha Kripik Singkong Mbak Rini saat ini berada pada Kuadran IV pada posisi ini produk tersebut masih mempunyai peluang untuk mengatasi ancaman. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah memperbaiki produk untuk mengoptimalkan pluang dan meminimalisis ancaman.

References

Analisis strategi pemasaran Perusahaan Supplier Kusen alumunium dengan metode swot (studi kasus di CV Pillar Jaya Sentosa). Jurnal Kreatif Industri. 2019; 3(1): 69-70.

Artanaulia, A., Felicia, N. Analisis Strategi Pemasaran Produk kulit sintetik Menggunakan Metode Swot pada PT. Jaya Baru Cemerlang. EPRINTS 3.Jakarta: Universitas Pelita Harapan; 2020.

Faizah, N & Suib, M. UMKM Dalam Persaingan di Era Globalisasi Ekonomi (Studi di UMKM Hunny Probolinggo). Upajiwa Dewantara Jurnal ustjogja. 2019; 3(2): 127-128.

Hidayat, S. Analisis Setrategi Pemasaran Jasa Pembiayaan Kredit Sepeda Montor dengan Metode Swot Untuk Meningkatkan Penjualan Pada PT. Summit OTO Finanace Cabang Cikarang. Jakarta: Universitas Bayangkara Jakarta Raya; 2016.

Narto, N., Basuki, G. (2020). Penguatan strategi pemasaran pudak di tengah pandemi covid-19 untuk meningkatkan keunggulan bersaing usaha mikro kecil menengah kota Gresik. Jurnal intech teknik industri Universitas Serang Raya. 2020; 6(1): 1-2.

Pasigai, A. Pentingya konsep dan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis. ISSN Balace. 2009; 1(1): 51-52.

Rangkuti, F. Personal SWOT analisis. Jakarta; PT Gramedia Pustaka. 2018: 2-20.

Suhartini, S. Analisa Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. Nitro PDF pofesional. 2012; 7(2): 1-2.

Syaputra, D. Analisis strategi pemasaran usaha industri kerajinan alumunium dengan menggunakan metode SWOT (studi kasus kerajinan alumunium H. Kardi). Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang; 2019.

Yusfa, N,N,A. Strategi Pemasaran Kerupuk Kulit Pada UD. Super Mas Seganteng Mataram Dengan Analisis SWOT Sebelum dan Sesudah Covid-19 in Mataram Nusa Tenggara Barat:. Universitas Muhammadiyah Mataram; 2021.

Downloads

Published

14-03-2022

How to Cite

Masniar, M., Histiarini, A. R., & Sucipto, A. N. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA UMKM KRIPIK SINGKONG MENGGUNAKAN METODE SWOT. Metode : Jurnal Teknik Industri, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.33506/mt.v8i1.1694

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>