ANALISIS PERENCANAAN BISNIS SAMOSA TUNA DI KOTA SORONG

Authors

  • Tamrin Tajuddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Risnawati Mansyur Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v7i2.1655

Keywords:

Analisis SWOT, Perencanaan Bisnis, Samosa.

Abstract

Di Kota Sorong dipenuhi dengan barbagai macam variasi makanan, mulai dari cemilan, kue, hingga masakan khas berbagai macam daerah. Untuk itu penulis berinovasi untuk menyajikan makanan yang berbeda, hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian konsumen terhadap jenis makanan yang diproduksi. Disini penulis melakukan penelitian tentang Analisis Perencanaan Bisnis Samosa Tuna Di Kota Sorong. Memiliki rumusan perencanaan bisnis “SAMOSA TUNA†dapat didirikan dan dapat diterima oleh masyarakat Kota Sorong ditinjau dari Analisis SWOT dan Aspek Keuangannya. Memiliki Tujuan untuk mengetahui apakah produk Samosa Tuna layak untuk di produksi ditinjau dari Analisis SWOT dan Aspek Keuangannya. Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT. Adapun sumber data yang digunanakan adalah data-data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Dari hasil kuisioner yang dibagikan kemasyarakat Kota Sorong yang berjumlah 100 responden diketahui 95% masyarakat Kota Sorong yang setuju dengan perencanaan bisnis SAMOSA TUNA ini dan tertarik atau berminat dengan produk yang direncanakan akan dipasarkan. Jadi dari data perhitungan Laba Rugi diketahui keuntungan bersih yang dapat diperoleh setiap tahunnya yaitu sebesar Rp. 68.746.750 perbulannya Rp. 5.728.896 perharinya Rp. 220.342.

References

Freddy Rangkuti, (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Freddy Rangkuti, (1997). SWOT Balanced Scorecard, Teknik Menyusun Startegi Korporat yang Efektif Plus Cara Mengelola Keinerja dan Risiko. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mirga Rahmadani, (2015). New Kedai Lumpia Lipat. Sorong : Tugas Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Sorong.

Rizal M, (2016). Perencanaan Bisnis Usaha Café Es Cream Bakar dan Es Cream Goreng Di Kota Sorong. Sorong : Universitas Muhammadiyah Sorong.

Warnet “Global Internet†Kota Depok. Jurnal Universitas Gunadarma : Yogyakarta.

Wibowo, M. I. A, (2011). Rencana Bisnis Industri Manisan Stroberi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Wiftiani, W. A, (2017). Business Plan CV. Monita Food. Bandung : Universitas Pasundan Bandung.

http://cairofood.id/samosa-berasal-dari-mesir-sejarah/

http://kumpulan-tugas-dewiyuliyani.blogspot.co.id/2016/06/analisis-ifas-efas-dan-sfas.html

http://sadri-gani.blogspot.co.id/2015/12/proposal-usaha-spaghetti-pentol.html

https://www.slideshare.net/dian95/analisis-swot-pecel-lele-lela

Downloads

Published

20-10-2021

How to Cite

Tajuddin, T., & Mansyur, R. (2021). ANALISIS PERENCANAAN BISNIS SAMOSA TUNA DI KOTA SORONG. Metode : Jurnal Teknik Industri, 7(2), 88–99. https://doi.org/10.33506/mt.v7i2.1655