USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PELAYANAN ANTRIAN PADA KANTOR SAMSAT KOTA SORONG PAPUA BARAT

Authors

  • Tamrin Tajuddin
  • Asih Ahistasari

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v3i1.2

Abstract

Kualitas pelayanan adalah salah satu indikator keberhasilan dalam member pelayanan. kualitas pelayanan dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat dan dinilai langsung oleh masyarakat yang menerima pelayanan. bagian pelayanan pada umumnya berupa loket-loket yang minimal dioperasikan oleh seorang pegawai yang ditugaskan untuk melayani suatu keperluan masyarakat. bagian ini mudah terkena kritik dari masyarakat karena merupakan bagian yang tampak di mata mereka. kinerja dan berbagai fasilitas pelayanan akan dirasakan dan tampak dimata masyarakat. pada kantor samsat kota sorong terutama pada pelayanan pengesahan pajak kendaraan, masih tampak beberapa kekurangan antara lain seperti masyarakat yang akan menerima pelayanan masih kebingungan saat akan mendaftarkan pajak kendaraan mereka karena keterangan tempat pendaftran tertutup dengan keramaian saat mengantri dan terkadang saat mengantri tidak sesuai dengan kedatangan penerima layanan, dan lain sebagainya. hal ini perlu dipertimbangkan mengingat citra lembaga yang harus dipertahankan. samsat kota sorong merespon positif kekurangan ini dengan ingin meningkatkan mutu pelayanannya. hasil pengolahan datanya membahas tentang model dan struktur antrian yang diusulkan berdasarkan asumsi-asumsi agar antriannya menjadi lebih baik yang dihitung dari hasil pengamatan secara langsung dan juga hasil kinerja pelayanan dan antriannya guna untuk mengetahui banyaknya waktu menunggu dan jumlah orang yang menunggu selama mengantri untuk menerima pelayanan yang dimulai dari pendaftaran, membayar, dan terakhir menerima notis pajak yang telah diperbaharui.

References

A Arman. (2015). Penerapan Teori Antrian Untuk Mengetahui Efektivitas Antrian Pada Check-In Counter Garuda di Sorong. Unpublished undergraduate thesis. Universitas Muhammadiyah Sorong. Sorong.

BR Bronson, Richard. (1996). Teori dan Soal – Soal Operations Reseacrh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

PMA Putranto, M.A. (2014). Analisis Masalah Sistem Antrian Model Multi Phase Pada Kantor Samsat Yogyakarta.Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

SNS Sari, Novela Sekar. (2013). Analisa Teori Antrian pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Gajah Mada Jember. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Jember, Jember.

SP Siagian, P. (1987). Penelitian Operasional Teori dan Praktek. Jakarta: UI- Press

S Siswanto. (2007). Operations Research Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

SM Syaidy, Mardinus. (2014). Analisis dan Usulan Perbaikan Kualitas Jasa dengan Integrasi Metode SERVQUAL dan SIX SIGMA di Instalasi Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Unpublished undergraduate thesis, Univeritas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

TT Tajuddin, Tamrin. (2013). Penelitian Operasional 2. Unpublished, Universitas Muhammadiyah Sorong.

RASY Zahir, Rifa’atul Mahmudah., Ahistasari, Asih., Suharsono., Morip, Yes. (2014, Januari). Ergonomi: Jemuran Otomatis. Unpublished, Universitas Muhammadiyah Sorong.

Downloads

Published

13-03-2017

How to Cite

Tajuddin, T., & Ahistasari, A. (2017). USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PELAYANAN ANTRIAN PADA KANTOR SAMSAT KOTA SORONG PAPUA BARAT. Metode : Jurnal Teknik Industri, 3(1), 6–15. https://doi.org/10.33506/mt.v3i1.2

Most read articles by the same author(s)