USULAN PENGENDALIAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT. PEGUNUNGAN CARTENZ PAPUA MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESSING CONTROL
DOI:
https://doi.org/10.33506/mt.v7i1.1646Keywords:
Kualitas Pelayanan, Statistical Processing Control Method, Usulan PengendalianAbstract
Penelitian dilakukan pada PT. Pegunungan Cartenz Hotel yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada PT. Pegunungan Cartenz Papua untuk meminimalkan penyebab terjadinya ketidakpuasan konsumen dengan memberikan rekomendasi atau usulan dalam pengendalian kualitas pelayanan. Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis menggunakan pendekatan metode statistical processing control (SPC), yaitu mengendalikan kualitas pelayanan dengan alat bantu statistic. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data dengan table check sheet, membuat table histogram, menghitung batas kendali pelayanan dengan peta kendali p, membuat diagram pareto, membuat diagram fishbone, dan terakhir membuat usulan pengendalian kualitas pelayanan berdasarkan diagram fishbone. Setelah penulis melakukan penelitian pada PT.Pegunungan Cartenz Papua dan memperoleh data-data yang dibutuhkan, maka penulis melakukan perhitungan dan analisis data dan di dapatkan hasil bahwa jumlah komplen selama tahun 2014 adalah 215 komplen dengan jenis-jenis komplen seperti komplen air yang tidak mengalir sebesar 38,60%, komplen pemadaman listrik yang lama sebesar 17,67%, komplen perlengkapan hotel sebesar 16,74%, komplen fasilitas hotel sebesar 14,88%, komplen pelayanan dapur sebesar 7,44%, dan komplen kebersihan hotel sebesar 4,65%, dengan faktor penyebab yang paling dominan adalah dari faktor manusia dan faktor metode.References
Al Fakhri, Faiz. 2010. Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Untuk Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik.
Gustami, Evi. (2012, January 9). Statistical process control, from http://eriskusnadi.wordpress.com/2012/06/09/statistical-process-control/
H. Tamrin Tajuddin ST, MM. 2013. Manajemen Kualitas Dan Kendali Mutu. Sorong : UMS.
Ilham, Muhammad Nur. 2012. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC).
Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo.Hal 38, from http://dedylondong.blogspot.com/2011/11/kualitas-pelayanan.html
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta, from http://skripsi-manajemen.blogspot.com/2011/02/pengertian-definisi-kualitas-pelayanan.html
Kusnadi, E. (2011, October 8). Check sheet dan fungsinya dalam pengendalian kualitas, from http://eriskusnadi.wordpress.com/2011/10/08/check-sheet-dan-fungsinya-dalam-pengendalian-kualitas/
Kusnadi, E. (2011, December 24). Fishbone diagram dan langkah-langkah pembuatannya, from http://eriskusnadi.wordpress.com/2011/12/24/fishbone-diagram-dan-langkah-langkah-pembuatannya/
Kusnadi, E. (2012, January 27). Membuat bagan Pareto dengan Microsoft Excel, from http://eriskusnadi.wordpress.com/2012/01/27/pareto-chart-microsoft-excel/
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Manajemen. Edisi Revisi. Andy: Yogyakarta, from http://www.kajianpustaka.com/2013/04/pengertian-faktor-pengukuran-kepuasan-konsumen.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tamrin Tajuddin, Ade Junaedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.