Usulan Perbaikan Sistem Kerja Pelayanan Antrian Pada Kantor Samsat Kota Sorong Papua Barat
DOI:
https://doi.org/10.33506/mt.v3i2.981Keywords:
Model dan Struktur Antrian, Sistem Antrian, Pelayanan PublikAbstract
Kualitas pelayanan adalah salah satu indikator keberhasilan dalam member pelayanan. Kualitas
pelayanan dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat dan dinilai langsung oleh
masyarakat yang menerima pelayanan. Bagian pelayanan pada umumnya berupa loket-loket yang
minimal dioperasikan oleh seorang pegawai yang ditugaskan untuk melayani suatu keperluan
masyarakat. Tujuan dari menelitian ini Untuk mengetahui model antrian yang digunakan di Kantor
SAMSAT Kota Sorong, untuk memberikan rekomendasi atau usulan dan solusi perbaikan terhadap
kelemahan pelayanan antrian di Kantor SAMSAT Kota Sorong. Metode yang digunakan untuk
menganalisa data dari hasil penelitian dengan menggunakan teori-teori yang digunakan dalam ilmu
Penelitian Operasional khususnya tentang SISTEM ANTRIAN yaitu pengambilan keputusan tentang
bentuk antrian yang baik. Dari hasil penelitian didapat model antrian yang terjadi dan digunakan di
kantor SAMSAT Kota Sorong adalah model dari Single Channel – Multi Phase yaitu model satu jalur
pelayanan yang melewati tahapan – tahapan pelayanan sebelum pelayanan selesai dilakukan dan
pelanggan dapat meninggalkan tempat tersebut. Pelanggan melakukan pendaftaran pajak
kendaraannya kemudian mengantri untuk mendapatkan pelayanan selanjutnya yaitu pembayaran
sejumlah uang sesuai dengan jumlah pajak kendaraannya di kasir dan terakhir menerima slip pajak
yang telah diperbaharui di bagian penyerahan dan Rekomendasi atau usulan dan solusi perbaikan
terhadap kelemahan pelayanan antrian di kantor SAMSAT Kota Sorong adalah dengan menggunakan
model antrian FIFO (First In First Out) atau FCFS (First Come First Served) sehingga pelayanan
yang akan dilakukan sesuai dengan kedatangan pelanggan.
References
Arman. (2015). Penerapan Teori Antrian
Untuk Mengetahui Efektivitas
Antrian Pada Check-In Counter
Garuda diSorong. Unpublished
undergraduate thesis. Universitas
Muhammadiyah Sorong. Sorong.
Bronson, Richard. (1996). Teori dan
Soal – Soal Operations Reseacrh.
Jakarta: Penerbit Erlangga.
Putranto, M.A. (2014). Analisis Masalah
Sistem Antrian Model Multi Phase
Pada Kantor Samsat
Yogyakarta.Unpublished undergraduate
thesis, Universitas Negeri
Yogyakarta, Yogyakarta.
Sari, Novela Sekar. (2013). Analisa Teori
Antrian pada Stasiun Pengisian
Bahan Bakar Umum (SPBU) Gajah
Mada Jember. Unpublished
undergraduate thesis, Universitas
Jember, Jember.
Siagian, P. (1987). Penelitian
Operasional Teori dan Praktek. Jakarta:
UI- Press
Siswanto. (2007). Operations Research Jilid
Jakarta: Penerbit Erlangga.
Syaidy, Mardinus. (2014). Analisis dan
Usulan Perbaikan Kualitas Jasa
dengan Integrasi Metode SERVQUAL
dan SIX SIGMA di Instalasi Rawat
Inap RS PKU Muhammadiyah
Yogyakarta. Unpublished
undergraduate thesis, Univeritas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Tajuddin, Tamrin. (2013). Penelitian Operasional 2. Unpublished, Universitas Muhammadiyah Sorong.
Rasy Zahir, Rifa’atul Mahmudah., Ahistasari, Asih., Suharsono.,
Morip, Yes. (2014, Januari). Ergonomi: Jemuran Otomatis. Unpublished, Universitas Muhammadiyah Sorong.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Tamrin - Tajuddin, Asih - Ahistasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.