Analisis Postur Gerakan Kerja Dengan Menggunakan Metode Rapid Upper Limb Assessment

Authors

  • Masniar Masniar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Aprisa Rian Histiarini Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Kelvin Yosua Corneliz Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v7i2.1651

Keywords:

Daya Tahan Tubuh, Postur Gerakan Kerja, Dan Hasil Perhitungan Skor Akhir

Abstract

Melakukan pekerjaan khususnya barista, menyelesaiakan pekerjaan dengan senyaman mungkin, masalah dalam tempat kerja banyak ditemui dalam pekerjaan adalah tentang daya tahan seseorang postur gerakan pekerjaan melakukan pekerjaannya yang paling sering di sebut dengan gangguan yang mempengaruhi fungsi normal. Metode Rula merupakan suatu metode menggunakan target postur tubuh untuk mengestemasi terjadinya resiko cidera. Penilaian dengan metode rula ini merupakan penilaian sistematis dengan terhadap resiko terjadinya masalah terjadinya gangguan dengan menunjukan bagian anggota tubuh pekerja yang mengalami gangguan tersebut. Berdasarkan hasil skor tersebut maka level resiko pada kegiatan dengan postur pengempresaan kopi masuk dalam kategori level resio tinggi dan diperlukan tindakan perbaikan sekarang juga. Hasil perhitungan untuk keempat postur kerja berdasarkan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui postur kerja karyawan barista kopi dan memberi masukan postur tubuh gerakan kerja pada karyawan salah. Hasil akhir pengolahan data metode RULA dapat disimpulkan bahwa penilaian postur kerja barista kopi, untuk proses akhir menimbang kopi didapatkan skor 3,menghaluskan kopi skor 4, pemadatan kopi skor 6, dan terakhir pengempresan kopi skor 7 dapat disimpulkan bahwa penilaian postur kerja yang memiliki resiko tertinggi adalah postur kerja pada pengempresan kopi dengan jumlah skor mencapai 7. Postur kerja ini perlu dilakukan perubahan sekarang juga.

References

Abdul Rahman, (2017). Analisis postur kerjadan factor yang berhubungan dengan keluhan musculoskeletal disorders (MSDs) pada pekerja beton, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Asnidar Astari, (2017). Gambaran postur kerja

petani rumput laut dengan metode reba.

UIN Alauddin Makassar.

Alex Okvan Briansyah, (2018). Analisa postur kerja yang terjadi untuk aktifitas dalam proyek konstruksi bangunan

Delina marlina pangaribuan, (2010). Analisa postur kerja dengan metode rula pada pegawai bagian pelayanan perpustkaan, Universitas Sumatra Utara.

Fahmi Sulaiman dan Yossi Purnama Sari, (2016). Analisis postur kerja pekerja pengesahan pada batu akik, Politeknik LP3I Medan.

Iqbal Muharram Taofik danYusuf Mauluddin, (2015). Evaluasi Ergonomi mengindentifikasi alat bantu pada mesin roasting kopi. Jurnal Vol. 13 No. 1 2015, Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Jeremy Eka Surya Casym , Dhini Nur Oktiara, (2020). Analisis Postur Tubuh Pekerja Home Industry Pastel, Universitas Pembangunan Jaya.

Nurul Dzikrillah dan Euis Nina Saparina Yuliani, (2015). Analisis postur kerja studi kasus PT. TJ Forge Indonesia, Universitas Mercubuana.

Rahmadis Muhammad, (2019). Analisis postur tubuh pekerja mesin pembelah kerja pada mebel supri.

Toriq, (2015). Analisa postur kerja pada

administrasi, Universitas Mercu Buana.

Downloads

Published

20-10-2021

How to Cite

Masniar, M., Histiarini, A. R., & Corneliz, K. Y. (2021). Analisis Postur Gerakan Kerja Dengan Menggunakan Metode Rapid Upper Limb Assessment. Metode : Jurnal Teknik Industri, 7(2), 50–57. https://doi.org/10.33506/mt.v7i2.1651

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>