Evaluasi Ergonomi Lingkungan Kerja Di Counter Check - In Kedatangan Pada Bandar Udara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong

Authors

  • Sanny Hahury Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sidik Tri Prasetyo Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/mt.v4i2.1459

Keywords:

Ergonomi, Lingkungan Kerja Fisik, Kibisingan, Pencahayaan

Abstract

Peningkatan jumlah penumpang dan bertambahnya Counter Check – In dengan luas ruangan yang tetap tentu akan mempengaruhi faktor –faktor lingkungan kerja fisik yang meliputi tingkat kebisingan, pencahayaan dan temperatur yang berada diruang Counter Check – In pada Bandara Domine Eduard Osok. Untuk itu di perlukan evaluasi pengukuran lingkungan kerja untuk mengetahui perubahan lingkungan kerja fisik yang terjadi pada ruang counter check – in bandara domine eduard osok. Evaluasi pengukuran factor lingkungan kerja fisik ini di lakukan di beberapa titik yang telah di tentukan pada ruangan counter check-in dengan menggunakan metode pengukuran lingkungan kerja fisik yang telah ditetapkan. Setelah melakukan evaluasi pengukuran faktor tingkat kebisingan mendapatkan nilai tingkat kebisingan sebesar 72,45 dB pencahayaan sebesar 141,58 lux dan suhu sebesar 26,11 ºC. Hasil evaluasi ini kemudian akan dibandingkan dengan standard baku mutu lingkungan kerja fisik. Dari hasil evaluasi yang telah di lakukan diketahui bahwa factor pencahayaan tidak melewati nilai ambang batas yaitu sebesar 200 lux, dan suhu tidak melewati nilai ambang batas yaitu sebesar 18 - 28 ºC. Namun terjadi peningkatan pada factor tingkat kebisingan di mana telah melewati nilai ambang batas standar kebisingan untuk kawasan bandara sebesar 60 – 70 dB namun masih berada dalam batas standard lingkungan kerja yang telah di tetapkan sebesar 85 dB.

References

Firmansyah, F. 2010.Pengaruh Intensitas Penerangan Terhadap Kelelahan Mata Pada Tenagan Kerja Di Bagian Pengepakan PT. Ikapharmindo Putramas Jakarta Timur [Skripsi]. Surakarta. Program Diploma IV Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Hahury, S., (2012), Kinerja Pengemudi Di Tinjau Dari Ergonomika Fisik Dan Lingkungan [Tesis], Yogyakarta, Jurusan Teknik Industri Dan Mesin Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Jasuan, A., dkk., Pengukuran Kebisingan Ruang Laboratorium Teknik Telekomunikasi Dan Informasi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/MENKES/SK/XI/2002 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran Dan Industri Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Keputusan Menteri Negara Lingkunga Hidup Nomor 48 Tahun 1996 Tentang Baku Mutu Tingkat Kebisingan Menteri Negara Lingkungan Hidup.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor : KEP-51/MEN/1999 Tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisika Di Tempat Kerja Menteri Tenaga Kerja

Lamhot, A., Manullang, E., Evaluasi Pencahayaan, Kebisingan, Temperature Dan Getaran Pada Line 3 PT. South Pasific Viscose [jurnal], Semarang, program studi teknik industry, universitas diponegoro semarang.

Metawati, N., Busono, T., Siswoyo, S., (2013). Evaluasi Pemenuhan Standar Tingkat Kebisingan Kelas DI SMPN 23 Bandung [jurnal], Bandung, program studi pendidikan teknik arsitektur FPTK Universitas Pendidikan Indonesia.

National Institute For Occupational Safety And Health (NIOSH). (1998). Occupational Noise Exposure Revised Criteria 1998. Cincinnati. Ohio;

Nugroho, H, D, E., (2009), Pengaruh Intensitas Penerangan Terhadap Kelelahan Mata Pada Tenaga Kerja Di Laborarorium PT. Polypet Karyapersada Cilegon [skripsi], Surakarta, Program Diploma IV Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Sasmita, A., Elystia, S., Asmura, J., (2016). Evaluasi Tingkat Kebisingan Sebagai Upaya Pengelolaan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Di Unit PLTD/G Teluk Lembu PT. PLN Pekanbaru Dengan Metode NIOSH [jurnal], Riau, Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Riau.

Tarwaka., (2010). Ergonomi Industri : Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomic Dan Aplikasi Di Tempat Kerja, Edisi Pertama Cetakan Pertama. Surakarta : Harapan Press

Downloads

Published

19-10-2018

How to Cite

Hahury, S., & Prasetyo, S. T. (2018). Evaluasi Ergonomi Lingkungan Kerja Di Counter Check - In Kedatangan Pada Bandar Udara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong. Metode : Jurnal Teknik Industri, 4(2), 49–59. https://doi.org/10.33506/mt.v4i2.1459

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>