Inventarisasi Dan Pemanfaatan Nipah (Nypa fruticans ( Thunb.) Wurmb) Oleh Masyarakat Pada Hutan Mangrove Kampung Mariat Pantai Distrik Aimas Kabupaten Sorong

Authors

  • Ihsan Febriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Fajrianto Saeni Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v10i3.176

Keywords:

Tanaman Nipah (Nypa Fruticans), Inventarisasi, potensi, pemanfaatan Nipah

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan pemanfaatan nipah (Nypa Fruticans) oleh masyarakat  di Kampung Mariat Distrik Aimas  Kabupaten Sorong. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat yang berlangsung pada Tahun 2018. Metode yang digunakan untuk inventarisasi tegakan nipah yang akan dilakukan di lapangan dengan menggunakan metode petak sampling, dengan teknik jalur berpetak. Sedangkan untuk menjelaskan pemanfaatan nipah oleh masyarakat dilakukan pengumpulan data menggunakan wawancara dengan kuesioner.  Penarikan sampel masyarakat dilakukan dengan metode purposive sampling. Penentuan responden dibagi menjadi dua, yaitu responden umum dan responden kunci. Penentuan responden umum dilakukan dengan metode sensus terhadap seluruh atau sebagian besar masyarakat  Kampung Mariat Pantai. Berdasarkan hasil inventarisasi yang dilakukan pada 3 titik pengamatan didapat 124 pohon nipah dengan nilai kerapatan 86,11 ind/ha. Dengan nilai kerapatan tersebut dapat dikatakan bahwa potensi tegakan pohon nipah di Kampung Mariat Pantai sangat kurang. Sedangakan terkait tentang pemanfaatan nipah dari 60 responden, baik daun (atap,sapu lidi, kertas rokok dan anyaman), batang daun (garam), batang nira (minuman tradisional) dan buah (kolang-kaling), dimana menurut masyarakat, pemanfaatan nipah lebih banyak diluar kawasan Kampung Mariat Pantai.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alrasyid, H. 2001. Pedoman Pengelolaan Hutan Nipah (Nypa fruticans) Secara Lestari. Puslitbang Hutan dan Konservasi Alam. Badan Litbang Kehutanan. Departemen Kehutanan. Bogar

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi IV). P.T Rineka Cipta. Jakarta

Ditjenbun, 2006. Daftar komoditi binaan direktorat jendral perkebunan berdasarkan. keputusan menteri pertanian nomor 511/KPTS/PD 310/9/2006.

Flach, M. dan F. Rumawas. 1996. Plant Resources of South-East Asia (PROSEA) No 9. Plants Yielding Non Seed Carbohydrates. Bogor.

Heriyanto, N.M. E. Subiandono dan E. Karlina. 2011. Potensi Dan Sebaran Nipah (Nypa Fruticans (Thunb.) Wurmb) Sebagai Sumberdaya Pangan (Potency And Distribution Of Nypa Palm (Nypa Fruticans (Thunb.) Wurmb) As Food Resource)). Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilitasi. Bogor.

Heyne, K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia. Badan Litbang Kehutanan. Departemen Kehutanan. Jakarta.

Kitamura, S. C. Anwar, A. Chaniago. dan S. Baba. 1997. Handbook of mangroves in Indonesia. Bali and Lombok. Ministry of Indonesia and JICA,Jakarta.

Riyadi, A. 2010. Nipah Membawa Berkah. http://jurnalenergi.com/news/55- nipahmembawa -berkah. diakses pada tanggal 12 Agustus 2015.

Rusila Noor, Y. M. Khazali dan I N. N.Suryadiputra. 1999. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. PHKA/WI-IP: Bogor

Smith, D. 2006. Nypa Palm: Etanol Super-Crop? Biofuel Review. Indonesia. 15 Juni 2006. Downloaded, 12 Agustus 2015.

Steenis, CGGJ van. 1981. Flora, untuk sekolah di Indonesia. PT Pradnya Paramita, Jakarta.

Downloads

Published

2018-11-14

How to Cite

Febriadi, I., & Saeni, F. (2018). Inventarisasi Dan Pemanfaatan Nipah (Nypa fruticans ( Thunb.) Wurmb) Oleh Masyarakat Pada Hutan Mangrove Kampung Mariat Pantai Distrik Aimas Kabupaten Sorong. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 10(3), 23–30. https://doi.org/10.33506/md.v10i3.176