Kajian Kelayakan Potensi Dan Strategi Pengembangan Ekowisata Di Taman Wisata Alam Klamono

Authors

  • Philipus V Woersok Universitas Papua
  • Jacob Manusawai Universitas Papua
  • Anton Sinery Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v11i3.632

Keywords:

Potensi, Kawasan TWA Klamono, Strategi Pengembangan, Ekowisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ODTWA pada kawasan TWA Klamono dapat dikembangkan sebagai ekowisata dan mengetahui nilai kelayakan potensi ODTWA serta merumuskan strategi pengelolaan ekowisata pada kawasan TWA Klamon berdasarkan potensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa potensi ODTWA pada kawasan TWA Klamono meliputi potensi ekosistem, potensi lingkungan terdiri dari birdwatcing, Jungle Tracking dan Fishing serta potensi keanekaragaman hayati berupa flora dan fauna dan social ekonomi dan budaya masyarakat sekitar. Hasil evaluasi penilaian ODTWA di kawasan TWA Klamono diketahui bahwa kawasan tersebut layak untuk dikembangkan sebagai ekowisata dengan indeks kelayakan 78.25 %. Perumusan strategi pengembangan ekowisata di kawasan TWA Klamono berdasarkan potensi kawasan adalah sebagai berikut: ( a) adanyanya dukungan kebijakan pusat, provinsi dan kabupaten, adanya dukungan masyarakat untuk membuka kesempatan kerja dan berusaha, (b) mengupayakan terbentuknya Izin Usaha Pemanfaatan Jasa Wisata Alam (IUPJWA) dan Izin Usaha Pemanfaatan Sarana Wisata Alam (IUPSWA) sehingga menjadi dasar pengelolaan program serta diperlukan upaya-upaya promosi dan pemasaran guna menarik potensi pasar, memperkecil kendala aksesibilitas melalui penyediaan sarana prasarana pendukung kegiatan wisata.

References

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat. 2008. Rencana Pengelolaan Jangka Panjang Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja 2009-2028. Sorong.

De Fretes, Y. 2000. Laporan Rapid Assessment Program (RAP) CI-IP dan Uncen diYongsu, Jayapura. Conservation International-Indonesian Program. Jayapura. Tidak dipublikasikan.

Departemen Kehutanan, 2003. Pedoman Analisis Daerah Operasi Objek Daya Tarik Wisata Alam. Direktorat Wisata Alam dan Pemanfaatan Jasa Lingkungan, Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor: Departemen Kehutanan RI.

David, R.R. 2006. Strategy Management. Jakarta: Salemba Empat.

Fandeli C. 2000. Pengembangan ekowisata dengan paradigmabaru pengelolaan areal konservasi. Di dalam: Fandeli C, Mukhlison, editor. Pengusahaan Ekowisata. Edisi 1. Yogjakarta: Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada.

Downloads

Published

2019-10-28

How to Cite

Woersok, P. V., Manusawai, J., & Sinery, A. (2019). Kajian Kelayakan Potensi Dan Strategi Pengembangan Ekowisata Di Taman Wisata Alam Klamono. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 11(3), 1–12. https://doi.org/10.33506/md.v11i3.632