Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Extrovert

Authors

  • Balqis Husain Universitas Pasifik Morotai
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.371

Keywords:

Prestasi belajar, introvert, extrovert

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar bahasa inggris siswa ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan extrovert pada siswa SMA di Kabupaten Pulau Morotai. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA di Kabupaten Pulau Morotai, yang tersebar lima kecamatan. proses penentuan sampling dilakukan dengan menggunakan table Krejchie-Morgan, maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 174 dari jumlah keseluruhan populasi adalah 323 siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua instrument yaitu:1) Questioner untuk mengukur tipe kepribadian siswa. 2) Dokumentasi  hasil belajar siswa selama satu semester. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa 10% siswa dengan tipe kepribadian introvert maupun extrovert belum mampu mencapai criteria minimum KKM pada mata pelajaran bahasa inggris. Siswa dengan kepribadian introvert maupun extrovert tidak memiliki perbedaan terhadap capaian hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris. 

References

Amin, Alima dan Suardiman, P. Siti. 2016. Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dan Model Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia Vol 4 No,1 Januari 2016. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Azwar,S. 2008. Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baharuddin. 2012. Psikologi Pendidikan: Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Dimitru. 2012. The Relationship Between Stress and Personality Factors. Human and Veterinary Medicine. International Journal of The Bioflux Society Volume 4 No.1. Romania : University of Medicine and Pharmacy Cluj-Napoca.

Feist, J & Feist, G.J. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanica.

Hamdani. Ulfa, Maria dan Syahrudin, Husni. 2013. Hubungan Kepribadian dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Pontianak: UNTAN.

Hawari, D. 2008. Manajemen Stres Cemas dan Depresi . Jakarta : Balai Penerbit FK UI.

Lusiana, Maresa. Risina Devi dan Lesmana D Suri. 2009. Hubungan Tipe Kepribadian dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2006. Jurnal Ilmu Kedokteran (JIK).Jilid 3. Nomor 1, Maret 2009.

Nilawati, Levi dan Bimo, L. Dwinanto. 2010. Pengaruh Motivasi pada Kinerja Belajar. Pengujian Terhadap Sebuah Model. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 3. No 3. Desember 2010-Maret 2011(287-303). Jakarta: Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta.

Nur Maziyah Ulya. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Jurnal Pendidikan Islam. ISSN 1979-1739. Vol. 10. Nomor 1. April 2016. Semarang: UIN Walisongo.

Sugiyanto.2016.Psikologi Pendidikan; Perbedaan Individual, Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukarno, G. 2012. Stress Kerja Aparatur Pemerintah Kantor inspektorat Kabupaten Tulungagung Sebagai Dampak Kepribadian type A dan Peran.Journal Lib Unair, Vol 22, No 2. Surabaya: Universitas Airlangga.

Widiantari, S. Komang dan Herdiyanto, K. Yohanes. 2013. Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Social Antara Tipe Kepribadian Extrovert Dan Introvert Pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana. Vol.1 No. 1 10-115. ISSN: 2354-5607. Bali: Universitas Udayana.

Wijaya, A. Zainuddin dan Indriana,Yeniar.2013. Perbedaan Minat Belajar Ditinjau dari Tendensi Kepribadian Tipe A dan Tipe B pada Siswa Kelas XI SMA N 10 Semarang. Semarang.

Yusuf, S dan Nurihsan, J. 2007. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

01/24/2019

How to Cite

Husain, B., & Ibrahim, I. (2019). Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Extrovert. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 91–106. https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.371

Issue

Section

Articles