Komparasi Keefektifan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Geometri Analitik
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.373Keywords:
Comparasion, Effektiveness, Cooperative NHT and Snowball TrhowingAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen yang bertujuan membandingkan dua model pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan Model pembelajaran Snowball Throwing serta untuk mengetahui yang lebih efektif untuk diterapkan pada mahasiswa Semester IV University Muhammadiyah Sorong. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa kelas C dan D semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT mencapai ketuntasan belajar 96,7%, mahasiswa memperoleh nilai minimal 70, nilai rata- rata 78,53 (2) Aktivitas mahasiswa dalam kategori baik yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT selama 4 kali pertemuan sudah dalam kategori baik, (3) respon mahasiswa terhadap model pembelajaran menunjukan respon yang positif (4) Hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Trhowing mencapai ketuntasan belajar 79,3%, mahasiswa memperoleh nilai minimal 70, nilai rata- rata 71,69 (5) Aktivitas mahasiswa dalam kategori baik yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Trhowing selama 4 kali pertemuan sudah dalam kategori baik, (6) respon mahasiswa terhadap model pembelajaran menunjukan respon cenderung positif. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa model pembelajaran koopertif tipe NHT lebih efektif diterapakan pada mahasiswa semester IV Universitas Muhammadiyah Sorong.
References
Arends, Richard L. 2008. Learning To Teach buku satu. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Darmadi Hamid.2011. Metode penelitian pendidikan. cet2.Alfabeta. Bandung
Imswatama, Aristya dan Muhasanah Nur’ani.2016. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Ligkaran. Suska journal of mathematics Educatin 2(1)2016.
Susanto, Joko.2012. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA di Sd. Journal unnes 2(1) 2012
Kurniasih dan Sani.2015. Ragam pengembangan Model pembelajaran Untuk Peningkatan Profisionlitas Guru.Kata Pena. Yogyakarta.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Muhammad Ridan,2015. Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.Bandung
Rusman,2014. Model-model Pembelajaran mengembagkan Profesionlisme Guru.Cet V Jakarat: PT. Rajagrafindo Persada.
Rasyid, Muhaedah dan Side Sumiati, 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar Siswa Kelas X SMAN I Bajeng Kab. Gowa. Jurnal Chemica 12(2) desember 2011,69-76
Trianto,2010. Model Pembelajaran terpadu, Jakarta : Bumi aksara.
Trianto, 2013. Mendesain model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta :
Kencana Prenada media Group.
Warsita.Bambang,2008.Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sholikhah.M dan Hartono,2015. Perbandingan Keefektifan antara Problem Based Learning Setting Nambered Head Together dan Jigsaw.Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(1) 63 -77
Putu Yuni Prema Santi, Ketut Agustini,Dewa Gede Hendra Divayana.2016. Studi Komparatif Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation dan snowball Throwing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada mata pelajaran TIK siswa kelas X SMA LaboratoriumUndksha. Kumpulan Artikel mahasiswa pendidikan Teknik Informatika 5(2).
Arianto.Riki Devid, dan Rakhmawati.Lusia.2013. Perbandingan Model Pembelajaran kooperatif tipe numbered Heads Together(THT) dengan tipe think Pair Share (TPS) terhadap hasil Belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan dasar – dasar teknik digital di SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Elektro.2(1) 319-326.
Putra, Danang Pradana dan Rakhmawati, Lusia (2013). Perbandingan model pembelajaran koopertif tipe numbered head together(NHT) dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievent division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada program diklat dasar –dasar teknik digital di SMKN 7 surabaya. Jurnal Pendidikan Elektro.2(2) 467-473
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.