Kombinasi Model Pembelajaran NHT dan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.700Keywords:
Model Pembelajaran, Kombinasi NHT&ST, Ketrampilan Abad 21Abstract
Penetian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya ketrampilan abad 21 mahasiswa program studi pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Sorong, melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Snowball Throwing ( NHT&ST), desain penelitian menggunakan “One Group Pretest- postest Designâ€. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan pembelajaran, tes hasil belajar dan angket respons mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan infrensial. Hasil pengamatan Keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas mahasiswa berada pada  rata-rata 3,85 (77%) kategori Sangat baik, dan 3,86 (77%) dengan kategori Baik , data hasil respons mahasiswa dengan rata-rata 4,13 (82%) berada pada kategori sangat setuju (SS). Hasil analisis infrensial dengan uji z satu pihak dengan uji pihak kiri menghasilkan nilai Z hitung (3,6215) > Z tabel ( ), hasil anailis statistik infrensial disimpulkan bahwa pada signifikansi 5%, ketrampilan Abad 21 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong dengan menerapkan Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan Snowball Throwing (NHT&ST) tidak kurang dari 60% dari kriteria ideal yang ditetapkan yaitu 60 %. Berdasarkan hasil statistik deskriptif dan infrensial disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Snowball Throwing (NHT&ST) mampu mengembangkan ketrampilan abad 21 mahasiswa Semester IV Program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sorong tahun akademik 2018/2019.
References
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).
Trisnawati, N. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Pada Siswa Kelas Vb Sd Muhammadiyah I Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2), 26-32.http://siakad.um-sorong.ac.id
Huda, A. I. N., & Astuti, S. (2018). Perbedaan Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) Dan Snowball Throwing Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 49-59.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitan Pendidikan Matematika, Bandung. Refika Aditama.
Mulyono, M., & Setyo, A. A. (2019). Komparasi Keefektifan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Geometri Analitik. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 115-123.
Nur, M. I., & Salam, M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 99-112.
Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, D. P. P., & Rakhmawati, L. (2013). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Siswa PADA PROGRAM DIKLAT DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMKN 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2).
Santiana, N. L. P. M., Sudana, D. N., Garminah, N. N., & Hum, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Alasangker. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Setyo, A. A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Integrasi Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Geometri Di Kelas V Sekolah Dasar. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 6(1), 1-11
.
Trianto, M. P. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.