KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD INTEGRASI TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v6i1.247Keywords:
Koperatif Tipe STAD, Teori Belajar Van hiele, Geometri.Abstract
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi evektivitas Pembelajaran kooperatif tipe STAD integrasi teori belajar Van hiele pada materi geometri di kelas V SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan desain “One Group Pretest-postest Design†yang merupakan salah satu bentuk desain dari pre-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong yang berjumlah 120 orang yang tersebar dalam 3 kelas yaitu kelas VA, VB, dan VC. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu dengan mengundi ketiga kelas, dan yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas VA dengan jumlah siswa siswa adalah 37 orang. Intrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD integrasi teori belajar Van Hiele efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi geometri di kelas V SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong, dimana dapat dilihat pada rata-rata pretest yang hanya mencapai 10, 49 meningkat pada saat posttest menjadi 71, 30 dengan ketuntasan klasikal dari 0% menjadi 81, 08 % dan nilai Gain ternormalisasi n (N-gain) mencapai 0, 68 dengan kategori sedang.
References
Abdussakir.2010.Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele.Artikel dimuat dalam El-Hikmah: Jurnal Kependidikan dan Keagaman, Vol VII Nomor 2.
Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Anderson,L.W, Krathwohl, D.R.2014. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Diterjemahkan dari A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing : A Revision Of Blooms Taxonomy of Educational Objektives Abridged Edition , 1 st, Edition penerjemah Agung prihantoro. Yogyakarta Pustaka Belajar
Ardin. 2012. Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif NHT dapat Menjadi Solusi dari Permasalahan dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 1 Kulisusu. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.
Arends, Richard,I.2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Edisi Tujuh. Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka belajar
Asmawati. 2010. Komparasi KEEFEKTIFAN Pembelajaran Matematika kooperatif tipe STAD dan tipe NHT dalam pembelajaran matriks pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Palangga Gowa. Tesis . tidak diterbitan. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.
Dasna, I, Wayan.dkk. Materi Pokok Desain dan Model Pembelajaran Inovasi dan Interaktif, 1-9/MPDR5203/3sks.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
DePorter,dkk.2004. Quantum Teaching. Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas.diterjemahkan dari. Qantum Teaching : Orchestrating Student Succes: penerjemah Ary Nilandari.Bandung: Kaifa
Glower. David.2007. Buku Referensi Apa dan Bagaimana Matematika? A-Z. Volume 1-3.Bandung: Grafindo Media Pratama.
Gunarto,Dedi,Sugiono.2009.Matematika SD/MI Kelas V. Depdiknas: Jakarta
Hamalik, Oemar. 2012.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hambali, Julius, Dkk. 1992. Materi Pokok Pendidikan Matematika 1.Universitas Terbuka: Depdikbud-Jakarta
Hamiyah, Nur. 2011. Soal dan Pembahasan Olimpiade Tingkat Internasional untuk SMP dan MTs Ed.Bilingual (Indonesia –Inggris) . Jakarta Cerdas Pustaka Publisher
Hamzah, M.Ali, Muhlisrarini.2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers
Haryono, Didi. 2014. Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta
Https://id.wikipedia.org/wiki/Layang-layang_(geometri)
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press
Ibrahim, Muslimin, dkk.2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Malang.
Inganah, Siti, dkk.2005. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Ismail.1998.Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka
Ilyas, B. & Tiro, M. A. 2007. Statistika Terapan untuk Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Edisi Kedua. Makassar: Andira Publisher
Johartini, P. 2010. Keefektifan Penerapan Srategi Kognitif dalam Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Pare pare. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.
Khafid, M. 2007.Pelajaran Matematika Kelas VB. Jakarta: Erlangga.
http://kbbi.web.id. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online.
Lie, Anita. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-runag Kelas. Jakarta: Pt Grasindo
Lestari, E.K., Yudhanegara,M.R. 2015.Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi disertai dengan Model pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: Rafika Aditama.
Marini, Arita.2015. Geometri dan Pengukuran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchlisoh, dkk.1992. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 3 PPDG#$#)/3SKS Modul 1-9. Jakarta: Universitas Terbuka,Depdikbud.
Muhsetyo, Gatot. 2007. Materi Pokok Pembelajaran Matematika SD:1-9/PDGK4406/3 SKS. Jakarta: Universitas Terbuka.
Peraturan Pemerintah Nomer 19 tahun 2005
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI. Nomer 41 Tahun 2007
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI. Nomer 22 Tahun 2006
Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Redhana, I Wayan.2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argument terhadap ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Topic Laju Reaksi. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 43(17),141-148
Sani, A. Ridwan. 2004. Pembelajaran saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Edisi pertama, cetakan ketiga.Bandung: San Grafika.
Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Edisi pertama, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGravindo Persada
Slavin, E, Robert, . 2008. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Indah.
Soenarjo,RJ.2008.Matematika 5:Untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketujuhbelas. Bandung: PT Remaja Rosdakara.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiono.2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif , kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, Erman,dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia
Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajran Teori dan Konsep Dasar. Bndung: Rosda.
Syam, Suhaemi. 2010. Keefektifan Strategi Generatif dengan Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X MAN 3 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.
Tiro, M, A. 2011. Penelitian: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Makassar: Andira Publisher.
Thobroni.2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Undang-undang Replublik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uno, Hamzah, B. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Ed.1 , Cet 12. Jakarta : Bumi aksara
Yusuf, A, Muri. 2015. Aseesmen dan Evaluasi pendidikan : Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalaian Mutu Pendidikan .Prenadamedia Group: Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.